EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LOCERET TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
YOPI PRASETYO HADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0119
Abstract
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LOCERET TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Yopi Prasetyo Hadi
yopihadi24@gmail.com
Prodi Pendidikan Bimbingan dan Konseling
Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa percaya diri sangat penting untuk kehidupan seseorang kedepannya. Karena percaya diri membuat manusia merasa nyaman berada di lingkungan tempat individu tersebut berada sehingga individu merasa yakin terhadap suatu langkah dan keputusan yang diambilnya guna mencapai tujuan yang diharapkannya. Permasalahan penelitian ini adalah apakah teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas X SMA Negeri 1 Loceret Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Percaya diri adalah sikap yakin akan kemampuan diri untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dan masalah, Anita Lie (2003:4). Tatiek Romlah (2001:104) menyatakan bahwa, sosiodrama adalah permainan peranan yang ditujukan untuk memecahkan masalah-masalah sosial yang timbul dalam hubungan antar manusia. Sehingga teknik sosiodrama merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan untuk memberikan layanan bimbingan kelompok di sekolah dengan cara bermain peran, untuk melatih siswa dalam masalah percaya diri.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik yang digunakan adalah pre-eksperimental desain. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 231 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 35 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel acak (random sampling). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepercayaan diri. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah percaya diri siswa terjadi peningkatan rata - rata memiliki kemampuan percaya diri cukup percaya diri menjadi sangat percaya diri setelah diberikan perlakuan sosiodrama. Teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas X SMAN 1 Loceret Nganjuk Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Berdasarkan simpulan hasil penelitian diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu alternatif acuan konselor di sekolah dengan menggunakan teknik bimbingan sosiodrama untuk meningkatkan percaya diri siswa.
Kata Kunci: Teknik Sosiodarma dan Percayaan Diri