PENGARUH BIMBINGAN KARIR MENGGUNAKAN TEORI JOHN L. HOLLAND DALAM PEMILIHAN STUDI LANJUT SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 WONOSALAM KABUPATEN JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

HESTI GADIS SUMARDIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0117

Abstract

Abstrak Hesti Gadis Sumardiana.”Pengaruh Bimbingan Karir Menggunakan Teori John L. Holland dalam Pemilihan Studi Lanjut Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Wonosalam Kabupaten Jombang Tahun Pelajaran 2015/2016”. Skripsi. Universitas Nusantara PGRI (UN PGRI Kediri). FKIP. Jurusan / Program Studi Bimbingan dan Konseling. 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti , bahwa terdapat masalah pada siswa kelas IX yaitu kebingungan dalam menentukan studi lanjutan. Kebanyakan mereka belum mengenal minat dan bakat yang dimiliki, sehingga membuat keputusan dengan cara ikut-ikutan teman tanpa menghiraukan dampak yang ada setelah masuk pada Sekolah Menengah Atas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh layanan bimbingan karir menggunakan teori John L. Holland dalam pemilihan studi lanjut siswa SMP Negeri 1 Wonosalam tahun pelajaran 2015/2016?” Penelitian ini menggunakan pendekatan penenelitian kuantitatif dengan teknik penelitian pre-exsperimental designs dengan bentuk one-group pretest-posttest designs. Sampel yang digunakan sebanyak 30 responden dari 200 jumlah siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Wonosalam tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Hasil dianalisis secara statistik dengan menggunakan rumus Product Moment dan dibantu dengan menggunakan program SPSS 16 For Windows. Dari hasil penelitian dapat diketahui rata-rata skor pretest skala pemilihan studi lanjut siswa adalah 100. Sedangkan rata-rata skor posttest skala pemilihan studi lanjut siswa adalah 117. Hasil perhitungan analisis rumus t-test yang diperoleh t hitung sebesar 6,063 sementara t tabel dengan db N – 1 / 30 – 1 = 29 dan taraf signifikasi 5% (0,05) sebesar 2,045. Karena t hitung > t tabel, 6,063 > 2,045. Maka Ha berbunyi “ ada pengaruh bimbingan karir menggunakan teori John L. Holland dalam pemilihan studi lanjut siswa kelas IX SMP Negeri 1 Wonosalam tahun pelajaran 2015 – 2016, dapat diterima. Sedangkan Ho yang berbunyi “tidak ada pengaruh bimbingan karir menggunakan teori John L. Holland dalam pemilihan studi lanjut siswa kelas IX SMP Negeri 1 Wonosalam tahun pelajaran 2015 – 2016,ditolak”. Kesimpuan hasil penelitian ini adalah: Ada pengaruh layanan bimbingan karir menggunakan teori John L. Holland dalam pemilihan studi lanjut siswa kelas IX SMP Negeri 1 Wonosalam Kabupaten Jombang Tahun Pelajaran 2015 – 2016. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan bagi konselor hendaknya memberikan suatu program bimbingan karir yang membuat siswa dapat memilih studi lanjutnya dengan menggunakan teori John L. Holland. Bagi siswa, hendaknya sering berkonsultasi kepada guru BK di luar jam pelajaran, sehingga siswa akan menjadi lebih mantap dan terarah sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Kata kunci: pengaruh bimbingan karir, teori john L. holland, kemampuan pembuatan keputusan studi lanjut, siswa kelas IX SMP.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI