PENGARUH KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN PEMBELAJARAN SISWA KELAS VIII MTsN TANJUNG TANI PRAMBON NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

MOH. SAMSUL HUDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0114

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi pada pengamatan tentang keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang didapati banyak tergolong dalam kategori rendah. Akibatnya kegiatan belajar mengajar menjadi tidak maksimal dan kurang kondusif. Diharapkan dalam penelitian ini konseling kelompok dapat memberikan pengaruh terhadap keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pre-eksperimen yang menggunakan uji paired sampel t-Test. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Tanjung tani Prambon Nganjuk yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Hasil data menunjukkan nilai t hitung > t tabel (2,556 > 1,690) dengan taraf signifikansi 0,5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh konseling kelompok terhadap keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran siswa kelas VIII MTsN Tanjung tani Prambon Nganjuk. Dari penelitian ini diharapkan guru bimbingan dan konseling dapat menggunakan layanan konseling kelompok untuk membantu siswa dalam mengatasi keaktifan dalam mengikuti kegiatan pembelajarannya dan untuk peneliti dapat mengembangkan penelitian ini dengan lebih baik. KATA KUNCI : Konseling kelompok, keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI