PENGARUH PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA TERHADAP KONSEP DIRI SISWA KELAS X TGB SMK NEGERI 1 NGASEM TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

NIKMATUL FAJAR DELIMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0113

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena siswa SMKN 1 Ngasem yang tidak mampu menunjukkan konsep diri positif. Hal tersebut terbukti ada beberapa siswa yang kurang ramah, kurang peduli terhadap perasaan orang lain dan bahkan tidak pernah melibatkan diri dalam aktivitas sosial. namun disisi lain, siswa lebih aktif dalam menggunakan sosial media. Perilaku siswa tersebut karena pengaruh yang ditimbulkan dari penggunaan sosial media tergantung dari durasi, frekuensi, jumlah waktu, isi dari sosial media dan pemanfaatannya. Hal ini yang mungkin mempengaruhi terbentuknya konsep diri positif maupun negatif. Konsep diri merupakan cara pandang menyeluruh tentang dirinya, meliputi kemampuan yang dimiliki, perasaan yang dialami, kondisi fisik dirinya maupun lingkungan terdekatnya.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan sosial media terhadap konsep diri pada peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Ngasem.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-TGB sebanyak 120 siswa. Sampeldiambil dengan teknik pengambilan proportionalsampling dan didapatkan sebanyak 30 siswa.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana.Hasil analisis data menunjukkan Fhitung 102,204 > Ftabel 4,196, nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak Ha diterima. Hal ini berarti  ada pengaruh penggunaan sosial media terhadap konsep diri pada peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Ngasem.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan sosial media terhadap konsep diri, sehingga direkomendasikan saran antara lain: (1) bagi guru BK sebaiknya memperkuat dan membangun konsep diri siswa melalui pelaksanaan layanan Bimbingan Konseling; (2) bagi siswa sebaiknya mengontrol diri dalam penggunaan sosial media; (3) bagi kepala sekolah hendaknya menerapkan kebijakan-kebijakan dan arahan penggunaan sosial media yang bermanfaat; (4) bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian yang lebih luas mengenai permasalahan yang terjadi di sekolah terkait dengan penggunaan sosial media terhadap konsep diri.


Keyword

Penggunaan Sosial Media; Konsep Diri

Reference

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Burns. 1982. Konsep Diri: Teori, Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku (Alih Bahasa; Eddy, 1993). Jakarta: Arcan.

Mulyana. 2000. Ilmu Komunikasi, Pengantar. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Lometti, G.E. Reeves, Byron & Bybee, Carl R. 1977. Investigating the assumptions of uses and gratifications research. Penelitian Komunikasi.

Rahmani, T. 2016. Penggunaan Media Sosial Sebagai Penguasaan Dasar-dasar Fotografi Ponsel (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @kofipon). Skripsi. Tidak dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.


PUBLISHED

2019-07-26

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade