HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN INTROVERT DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
AMBAR TUTUT MULYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0108
Abstract
Abstrak
Ambar Tutut Mulyah: Hubungan Antara Kepribadian Introvert Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 8 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Kepribadian introvert adalah kondisi individu yang memiliki kecenderungan tertutup, baik sifatnya maupun tingkah lakunya yaitu lebih suka menyendiri, menyukai kesunyian, individual, dan berusaha menarik diri dari lingkungan. Siswa yang memiliki kepribadian introvert memiliki hubungan dengan motivasi belajarnya di sekolah sehingga akan mempengaruhi prestasi belajarnya
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi dan mendapatkan data yang akurat mengenai hubungan kepribadian introvert dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017
Penelitian ini menggunakan teknik korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Proses analisis datanya menggunakan Korelasi Product Moment dan sampel dalam penelitian ini sejumlah 70 siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri. Pengambilan datanya menggunakan instrumen angket kepribadian introvert dan motivasi belajar.
Hasil analisis data menggunakan uji Korelasi Product Moment menunjukkan hubungan positif antara Kepribadian Introvert dengan Motivasi Belajar hubungan antara kepribadian introvert dengan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan nilai r hitung 0,502 lebih besar dari r tabel 0,235 dengan taraf signifikansi 5% (0,502 ? 0,235). Karena nilai korelasi berada di range 0,40 – 0,599, maka disimpulkan bahwa hubungan antara variabel X dengan variabel Y adalah sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, berbunyi adanya hubungan antara kepribadian introvert dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan saran yang perlu dikemukakan adalah Hendaknya oleh guru bimbingan dan konseling dapat dijadikan sumber bahan untuk meningkatkan kualitas ilmu bimbingan dan konseling.
Kata kunci: kepribadian introvert, motivasi belajar