HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN INTROVERT DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

AMBAR TUTUT MULYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0108

Abstract

Abstrak Ambar Tutut Mulyah: Hubungan Antara Kepribadian Introvert Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 8 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kepribadian introvert adalah kondisi individu yang memiliki kecenderungan tertutup, baik sifatnya maupun tingkah lakunya yaitu lebih suka menyendiri, menyukai kesunyian, individual, dan berusaha menarik diri dari lingkungan. Siswa yang memiliki kepribadian introvert memiliki hubungan dengan motivasi belajarnya di sekolah sehingga akan mempengaruhi prestasi belajarnya Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi dan mendapatkan data yang akurat mengenai hubungan kepribadian introvert dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017 Penelitian ini menggunakan teknik korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Proses analisis datanya menggunakan Korelasi Product Moment dan sampel dalam penelitian ini sejumlah 70 siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri. Pengambilan datanya menggunakan instrumen angket kepribadian introvert dan motivasi belajar. Hasil analisis data menggunakan uji Korelasi Product Moment menunjukkan hubungan positif antara Kepribadian Introvert dengan Motivasi Belajar hubungan antara kepribadian introvert dengan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan nilai r hitung 0,502 lebih besar dari r tabel 0,235 dengan taraf signifikansi 5% (0,502 ? 0,235). Karena nilai korelasi berada di range 0,40 – 0,599, maka disimpulkan bahwa hubungan antara variabel X dengan variabel Y adalah sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, berbunyi adanya hubungan antara kepribadian introvert dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan saran yang perlu dikemukakan adalah Hendaknya oleh guru bimbingan dan konseling dapat dijadikan sumber bahan untuk meningkatkan kualitas ilmu bimbingan dan konseling. Kata kunci: kepribadian introvert, motivasi belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI