PENERAPAN KONSELING KELOMPOK REALITA DENGAN TEKNIK WDEP UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEMEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

FITRIANA DWI HARLINAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0104

Abstract

Abstrak FITRIANA DWI HARLINAWATI: Penerapan Konseling Kelompok Realita Dengan Teknik WDEP Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VII SMP NEGERI 1 SEMEN KABUPATEN KEDIRI Tahun Pelajaran 2015-2016”, Skripsi, Bimbingan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci: Konseling Kelompok Realita Teknik WDEP, Kedisiplinan Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi adanya beberapa siswa yang memiliki kedisiplinan belajar yang rendah. Hal ini terlihat dari sikap siswa seperti masih berada di luar kelas ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan konseling kelompok realita dengan teknik WDEP dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VII SMP NEGERI 1 SEMEN KABUPATEN KEDIRI Tahun Pelajaran 2015-2016. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penerapan konseling kelompok realita dengan teknik WDEP dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VII SMP NEGERI 1 SEMEN KABUPATEN KEDIRI Tahun Pelajaran 2015-2016. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian pre-test post-test one group design. Penelitian dilakukan pada 12 siswa kelas VII yang memiliki nilai disiplin belajar rendah. Analisis data yang digunakan adalah paired samples T test yang digunakan untuk menguji perbedaan dua sampel data yang berhubungan. Dari hasil analisis data yang diajukan diperoleh analisis? t?_hitung= 6,233 pada taraf 5% diperoleh t_tabel= 2,201. Karenat_hitung melebihi t_tabel yaitu berbunyi 6,233>2,201, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu juga terdapat perbedaan antara skor pre-test dan post-test, dimana hasil rata-rata yang diperoleh saat pre-test sebesar 66,67 dan untuk hasil rata-rata post-test sebesar 83,17. Hal tersebut menunjukkan bahwa skor pre-test < post-test yang berarti skor disiplin belajar siswa kelas VII meningkat. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan konseling kelompok realita dengan teknik WDEP dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VII SMP NEGERI 1 SEMEN KABUPATEN KEDIRI Tahun Pelajaran 2015-2016 Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkommendasikan : (1)Tujuan pemberian konseling kelompok realita dngan teknik WDEP adalah untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa sesuai realitanya yang ditunjukkan dengan kedisiplinan belajar tanpa adanya paksaan dan muncul dari rasa kesadaran untuk disiplin dalam belajar. Oleh sebab itu guru BK sebagai pelaksana dan motivator utama harus mengutamakan proses yang mendukung kedisiplinan belajar siswa siswa. ?

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI