KEEFEKTIFAN TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
DARISMA AGUNG SETIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0102
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti di SMPN 3 Kediri bahwa ada beberapa
siswa yang mengalami kesulitan interaksi sosial dikarenakan kurangnya jalinan sosial pada siswa yang
cenderung susah didalam suatu pergaulan dan tidak bisa menyesuaikan diri terhadap pergaulan di dalam
suatu kelompok di sekolah. Untuk memecahkan masalah tersebut peneliti menggunakan teknik bermain
peran siswa dapat berperan atau memainkan peranan dalam dramatisasi masalah sosial untuk
meningkatkan interaksi sosial siswa. Permasalahan penelitian ini adalah Efektifkah teknik bermain
peran untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kediri tahun
pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini variabel bebasnya (X) adalah teknik bermain peran dan
variabel terikatnya (Y) adalah interaksi sosial. Subyek penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 3
Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan penelitiannya adalah pendekatan kuantitatif dengan
teknik experimental one group pre-test dan post-test design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh
kelas VIII SMPN 3 Kediri yang berjumlah 337 siswa. Sedangkan sampel yang dijadikan subjek
penelitian 10% dari seluruh siswa kelas VIII dengan teknik random sampling yang berjumlah 34 siswa.
Sehingga instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yang
digunakan pada penelitian ini adalah uji-t. Kesimpulan penelitian ini adalah interaksi sosial siswa terjadi
peningkatan dari mayoritas kategori sedang menjadi kategori tinggi Teknik Bermain Peran efektif untuk
meningkatkan interaksi sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan Guru BK dapat mengembangkan konsep
Teknik Bermain Peran agar efektif untuk meningkatkan interaksi sosial siswa.
Kata Kunci: teknik bermain peran, interaksi sosial