KEEFEKTIFAN TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DARISMA AGUNG SETIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0102

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti di SMPN 3 Kediri bahwa ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan interaksi sosial dikarenakan kurangnya jalinan sosial pada siswa yang cenderung susah didalam suatu pergaulan dan tidak bisa menyesuaikan diri terhadap pergaulan di dalam suatu kelompok di sekolah. Untuk memecahkan masalah tersebut peneliti menggunakan teknik bermain peran siswa dapat berperan atau memainkan peranan dalam dramatisasi masalah sosial untuk meningkatkan interaksi sosial siswa. Permasalahan penelitian ini adalah Efektifkah teknik bermain peran untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini variabel bebasnya (X) adalah teknik bermain peran dan variabel terikatnya (Y) adalah interaksi sosial. Subyek penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan penelitiannya adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik experimental one group pre-test dan post-test design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas VIII SMPN 3 Kediri yang berjumlah 337 siswa. Sedangkan sampel yang dijadikan subjek penelitian 10% dari seluruh siswa kelas VIII dengan teknik random sampling yang berjumlah 34 siswa. Sehingga instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji-t. Kesimpulan penelitian ini adalah interaksi sosial siswa terjadi peningkatan dari mayoritas kategori sedang menjadi kategori tinggi Teknik Bermain Peran efektif untuk meningkatkan interaksi sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan Guru BK dapat mengembangkan konsep Teknik Bermain Peran agar efektif untuk meningkatkan interaksi sosial siswa. Kata Kunci: teknik bermain peran, interaksi sosial

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI