STUDY TENTANG KEAKTIFAN BELAJAR SISWA YANG SUKA BERMAIN GAME ONLINE DI SMP PGRI 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

MUHAMAD SODIK MUSTOFA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0097

Abstract

STUDY TENTANG KEAKTIFAN BELAJAR SISWA YANG SUKA BERMAIN GAME ONLINE DI SMP PGRI 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 MUHAMAD SODIK MUSTOFA NPM: 12.1.01.01.0097 FKIP - BIMBINGAN KONSELING pitulikuer@gmail.com 1 Dr. Atrup, M.Pd.,MM. 2 Guruh Sukma Hanggara, M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yang pernah melaksanakan kegiatan PPL di sekolah tersebut, bahwa ada siswa yang kecanduan game online cenderung pasif di kelas. Siswa yang telah kecanduan game online tentunya akan menggangu keaktifan belajarnya. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana tingkat keaktifan belajar siswa di SMP PGRI 1 Kediri. Tujuan dari penelitian inimengetahui keaktifan belajar siswa di SMP PGRI 1 Kediri yang suka bermain game. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Subyek penelitian siswa SMP PGRI 1 Kediri. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul akan dianalisis, diambil kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dari ketiga partisipan tersebut terlihat partisipan1 dan partisipan 2 terlihat aktif dalam proses belajar di kelas dan ketika guru menyampaikan materi partisipan 1 dan partisipan 2 terlihat aktif untuk memperhatikan dan cukup aktif ketika diberikan tugas tetapi partisipan 3 nampak berbanding terbalik dengan partisipan 1 dan partisipan 2, keaktifan belajarnya dikelas cukup rendah dan ketikan guru memberikan tugas nampak partisipan 3 memilih untuk menyontek teman sebangkunya. Berdasarkan penelitian ini adanya saran (1) bagi kepala sekolah memberi dukungan kepada guru bimbingan dan konseling untuk mengawasi dan memberi dukungan moril dan motivasi (2) bagi guru BK hendaknya lebih menjalin komunikasi kepada peserta didik agar dapat mengetahui persoalan-persoalan yang sedang di hadapi peserta didik (3) bagi orangtua hendaknya dapat memberikan pengawasan dan ketegasan supaya anaknya tidak kecanduan game online dan mengakibatkan keaktifan belajarnya terganggu. Kata Kunci: keaktifan belajar, game online.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI