EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK FGD (FOCUS GROUP DISCUSSION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA KELAS XII SMK PGRI 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

CAHYANING W WICAKSANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0086

Abstract

ABSTRAK Cahyaning Wigati Wicaksani : Efektifitas Penggunaan Teknik FGD (Focus Group Discussion) untuk Meningkatkan Keterampilan sosial Pada Siswa Kelas XII SMK PGRI 3 Kota Kediri, Skripsi, BK, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti bahwa keterampilan sosial siswa di SMK PGRI 3 Kediri masih dalam kategori rendah, sedang dan hanya beberapa siswa yang memiliki kategori tinggi, akibatnya banyak siswa yang belum mampu mengembangkan keterampilan sosialnya sesuai dengan keadaan lingkungannya, padahal jika hal ini terjadi akan berdampak pada kehidupan di masa yang akan datang. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan keterampilan sosial sebelum diberi teknik FGD? (2) Bagaimana kemampuan keterampilan siswa setelah diberi teknik FGD? (3) Seberapa efektif teknik FGD untuk meningkatkan keterampilan sosial kelas XII SMK PGRI 3 Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif teknik eksperimen desain One- group pretest- posttest, dengan subjek penelitian siswa kelas XII SMK PGRI 3 Kediri. Penelitian ini diberi sebuah perlakuan sebanyak tiga kali untuk teknik FGD dan angket keterampilan sosial. Proses analisis data menggunakan analisis uji paired sample t test dan SPSS 17.0 For Windows. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 22 responden dari populasi kelas XII yang berjumlah 100 siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan keterampilan sosial siswa kelas XII SMK PGRI 3 Kota Kediri sebelum diberi teknik FGD mayoritas pada kategori rendah. (2) Kemampuan keterampilan sosial siswa kelas XII SMK PGRI 3 Kota Kediri setelah diberi teknik FGD mayoritas pada kategori tinggi. (3) Hasil klasifikasi menunjukkan ada peningkatan dari data distribusi frekuensi keterampilan sosial sebelum dan sesudah diberi teknik FGD sehingga teknik FGD efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial pada siswa kelas XII SMK PGRI 3 Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Hasil pengujian hipotesis dengan teknik uji t dengan bantuan SPSS 17.0 for Windows menunjukkan teknik FGD efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial pada siswa kelas XII SMK PGRI 3 Kediri. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Dengan adanya pemberian teknik FGD, diharapkan siswa mampu memahami karakteriktik diri dan menyesuaikan diri sesuai lingkungannya.(2) Guru BK perlu meningkatkan variasi pemberian teknik FGD dengan menggunakan metode yang lain. KATA KUNCI : teknik FGD(Focus Group Discussion) , keterampilan sosial

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI