HUBUNGAN PENGGUNAAN FACEBOOK DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

RENDIA PRILIAN HARTONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0085

Abstract

ABSTRAK Rendia Prilian Hartono: Hubungan Antara Penggunaan Facebook dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci: Penggunaan Facebook, Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti bahwa penggunaan facebook sangat popular dikalangan siswa. Karena dikhawatirkan penggunaan facebook yang berlebihan akan mengganggu keadaan motivasi belajar siswa. Di SMP Muhammadiyah Kota Kediri, siswa kelas VII yang aktif menggunakan facebook mengalami keadaan motivasi belajar yang menurun. Terdapat siswa yang menggunakan facebook saat pelajaran berlangsung serta tidak berkonsentrasi mendengarkan pelajaran. Hal itu dikarenakan adanya rasa ketagihan menggunakan facebook serta kegiatan pembelajaran yang kurang menarik, sehingga oleh siswa digunakan untuk bermain facebook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan Hubungan Antara Penggunaan Facebook dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara memberikan skala yaitu skala penggunaan facebook dan skala motivasi belajar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling yang terdiri dari 40 siswa. Hasil penelitian rumus uji r menyatakan bahwa siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri, memiliki tingkat penggunaan facebook yang tinggi, dan motivasi belajar pada kategori rendah. Hasil perhitungan uji r adalah r hitung 0,772 > r table 0,312. Jika dikonsultasikan dengan alfa taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Dengan kesimpulan bahwa ada hubungan antara penggunaan facebook dengan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian yang menujukan ada hubungan penggunaan facebook dengan motivasi belajar, maka saran yang dikemukakan hendaknya : 1). Semua guru atau konselor lebih meningkatkan layanan bimbingan dan konseling khususnya mengenai motivasi belajar siswa, 2). Selain itu konselor juga bekerja sama dengan orang tua siswa untuk selalu memantau kegiatan belajar anak pada waktu di rumah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI