KEEFEKTIFAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MOJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

SYAMSUR RIJAL HALMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0084

Abstract

ABSTRAK Syamsur Rijal Halmi: Keefektifan Teknik Self-management Dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojo Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, Bimbingan dan Konseling FKIP UN PGRI Kediri,2016. Kata Kunci : Teknik self-management, tanggung jawab belajar Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya siswa yang memiliki tanggung jawab belajar rendah. Tanggung jawab belajar adalah komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas-tugas dan belajarnya dengan penuh kesadaran dan kesukarelaan. Maka dalam hal ini perlu adanya alternatif solusi mengatasi permasalahan tersebut. Permasalahan peneliti ini adalah apakah teknik self-management efektif dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojo Tahun Ajaran 2016/2017?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimental design dan design penelitian ini menggunakan bentuk one-group pretest-posttest dan pengumpulan data tanggung jawab belajar menggunakan skala psikologis tanggung jawab belajar. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pemberian pretest, pemberian treatment konseling teknik self-management dan pemberian posttest dengan menggunakan instrumen berupa skala psikologis. Populasi yang dijadikan sampel penelitian berjumlah 6 siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojo dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Untuk teknik analisis data yang digunakanadalah teknik uji wilcoxon.Dengan rata-rata skor pretestsebanyak 6 sampel yaitu 97 dan rata-rata skor postest sebanyak 6 sampel yaitu165. Hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon menunjukannilaiT_(hitung ) yaitu 0 sedangkan T_tabeldengan taraf signifikan 5% N = 6 sebesar 0 sehinggaT_hitung? T_tabel yaitu sebesar 0 ?0. Hal ini memiliki arti bahwateknik self-management efektif dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojo Tahun Ajaran 2016/2017. Berdasarkan penelitian ini saran bagi (1) konselor, dapat digunakan sebagai acuan untuk mengatsai tanggung jawab belajar rendah yang dialami siswa. (2) bagi peneliti selanjutnya dapatmengembangkan lagi teknik self-management sebagai referensi untuk meningkatkan tanggung jawab belajar rendah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI