PENGARUH TEKNIK CINEMA THERAPY TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS X SMK PELAYARAN HANG TUAH KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
Mohamad Heri Setiawan
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0081
Abstract
ABSTRAK
Mohamad Heri Setiawan, 2015. Pengaruh Teknik Cinema Therapy terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas X SMK Pelayaran Hang Tuah Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi.
Kata kunci : Teknik Cinema Therapy dengan Kedisiplinan.
Kecenderungan perilaku tidak disiplin sering ditunjukkan oleh siswa. Meskipun dalam sekolah tersebut terdapat peraturan tata tertib sekolah yang wajib ditaati siswa jika melanggar akan dikenakan sanksi berat. Di SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri terdapat permasalahan bahwa banyak siswa yang sering terlambat, berpakaian tidak lengkap dan membolos. Meskipun sekolah ini berbasis militer nyatanya terjadi masalah seperti itu. Maka dari itu dilakukan penelitian tentang pengaruh teknik Cinema Therapy terhadap Kedisiplinan siswa kelas X SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik cinema therapy terhadap kedisiplinan siswa kelas X SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri Tahun Pelajaran 2015 – 2016. Desain penelitian ini menggunakan Pretest - Posttest Control Group Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih menjadi subyek penelitian, kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil pretest yang baik bila nilai kelompok eksperimen tidak berbeda secara signifikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara layanan teknik cinema therapy terhadap kedisiplinan siswa kelas X di SMK Pelayaran Hang Tuah Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dari rata-rata pretest, posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberi perlakuan ceramah kemudian di tes awal (O1) diperoleh rata-rata nilai (mean) tes awal 122,52 dan di tes akhir (O2) diperoleh rata-rata nilai (mean) tes akhir 114,12 sedangkan untuk kelompok eksperimen yang di tes awal (O1) memiliki rata-rata nilai (mean) sebesar 112,32 serta setelah diberi perlakuan layanan teknik cinema therapy berupa tayangan video dan tes akhir (O2) diperoleh rata-rata nilainya (mean) menjadi 129,64. Hasil analisis uji T-test diperoleh nilai t hitung sebesar 27,102 dan t tabel dengan db = 48 pada taraf signifikan 5% sebesar 1,667. Hal ini menunjukkan bahwa t hitung positif dan lebih besar dari t tabel (27,102 ? 1,667).
Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulkan bahwa “ada pengaruh antara layanan teknik cinema therapy terhadap kedisiplinan siswa kelas X di SMK Pelayaran Hang Tuah Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016.”