EFEKTIVITAS PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA YANG RENDAH KELAS VIII-D DI SMPN 1 LOCERET TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

LEVI NURAINI SAFITRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0075

Abstract

ABSTRAK LEVI NURAINI SAFITRI, Efektifitas Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Menigkatkan Rasa Percaya Diri Siswa yang Rendah Kelas VIII D di SMPN 1 Loceret Tahun 2015 – 2016, Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Juli, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti bahwa ditemukan ada beberapa kelas di SMPN 1 Loceret terutama di kelas VIII D dengan rasa percaya diri siswa – siswinya yang rendah. Rasa percaya diri yang rendah ini dapat terlihat pada perilakunya yang kurang berani mengemukakan pendapat, kurang mampu berpikir secara mandiri, pemalu dan cenderung menutup diri. Dikhawatirkan kurangnya rasa percaya diri akan mengganggu dalam proses belajar. Ada banyak cara untuk membuat siswa menumbuh kembangkan rasa percaya dirinya, salah satunya adalah dengan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Karena dengan sosiodrama siswa memahami seluk beluk kehidupan dan suatu permasalahan khususnya permasalahan sosial atau konflik sosial secara bersama-sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatan rasa percaya diri siswa yang rendah kelas VIII D di SMPN Loceret 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik pre-eksperimen. Populasi penelitian ini adalah anggota kelas VIII-D SMPN 1 Loceret yang memiliki rasa percaya diri yang dikategorikan rendah. Dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh, dimana semua populasi digunakan sebagai sampel. Jumlah sampel yang diteliti adalah 6 siswa. Berdasarkan hasil analisis uji Wilcoxon yang diperoleh hasil bahwa T adalah 3 dan nilai tkritis pada taraf signifikansi 5% dengan responden (N) yaitu 6, adalah 0. Sehingga, T > tkritis atau yaitu 3 > 0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri yang rendah pada siswa kelas VIII-D SMPN 1 Loceret. Berdasarkan hasil penelitian yang menujukan hasil yang efektif, maka diharapkan konselor mampu mengembangkan pelaksanaan dalam layanan bimbingan dan konseling mengenai percaya diri dengan teknik sosiodrama. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama, Percaya Diri yang Rendah

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI