STUDI TENTANG KEDISIPLINAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN WALI BAROKAH KEDIRI


Author (Penulis)

ERMIA SUKO WIDAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0074

Abstract

ABSTRAK Ermia Suko Widayanti, Studi Tentang Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2016 Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembinaan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri tidak hanya didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru/ustadz dan pengurus Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri. Melainkan juga didominasi dari peran tenaga kepengurusan dari santri. Hal tersebut nampak dari rutinitas santri di Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri. Permasalahan penelitian ini ini adalah (1) Bagaimana kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri? (2) Bagaimana usaha yang dilakukan dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Kualitatif, jenis penelitian studi kasus dengan obyek penelitian yaitu mengamati secara mendalam aktivitas (activity) orang-orang (actors) yang ada pada tempat (place) di Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua proses analisa, analisa sebelum dilapangan, dan analisa selama di lapangan model Miles dan Huberman. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan peneliti untuk menganalisis dan mendiskripsikan perubahan yang terjadi serta menyimpulkan hasil penelitian. Jika individu memiliki kesadaran diri maka ia akan berusaha untuk mentaati setiap aturan yang berlaku dan menjalankan kehidupan dengan teratur, selaras, dan seimbang. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Model pembinaan yang dilakukan yaitu melalui kegiatan-kegiatan pondok pesantren, meningkatkan pemahaman ilmu agama merupakan bagian dari proses pembinaan. (2) Model Pembinaan Disiplin Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri yang dimaksudkan agar para santri terus mengingat dan mengindahkan tata tertib dan peraturan serta menambah wawasan dan pengetahuan tentang perilaku-perilaku yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Selain itu pihak pengurus lebih meningkatkan pengawasan terhadap santri, bukan hanya dilakukan di asrama, majlis dan lingkungan pondok pesantren, tetapi juga diluar lingkungan pondok pesantren. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Untuk tetap mempertahankan kedisiplinan dalam mentaati tata tertib dan peraturan pada santri di Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri. Hendaknya pondok pesantren meningkatkan pemahaman terhadap faktor kedisiplinan. Faktor tersebut menumbuhkan kesadaran diri dan pengikutan atau ketaatan terhadap aturan yang berlaku. (2) Pembina pondok pesantren seharusnya lebih memaksimalkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan santri dalam proses pembinaan, terutama sarana pada bagian untuk menjadikan santri yang produktif. Hal ini juga bisa memberikan kesibukan aktivitas yang positif terhadap santri sehingga mampu mengurangi/meminimalisir kegiatan kegiatan yang cenderung mengarah santri kurang disiplin. Kata Kunci : studi, kedisiplinan santri, pondok pesantren.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI