EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 GROGOL KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

YULIAWATI NUR FARIDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0073

Abstract

ABSTRAK Yuliawati Nur Farida: Efektifitas Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Grogol Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci : teknik sosiodrama, perilaku disiplin siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan kedisiplinan siswa di sekolah yang tertib akan selalu menciptakan proses pembelajaran yang baik. Sebaliknya, pada sekolah yang tidak tertib kondisinya akan jauh berbeda. Pelanggaran-pelanggaran yang terjadi sudah dianggap barang biasa dan untuk memperbaiki keadaan yang demikian tidaklah mudah. Hal ini diperlukan kerja keras dari berbagai pihak untuk mengubahnya, sehingga berbagai jenis pelanggaran terhadap disiplin dan tata tertib tidak terjadi lagi di sekolah. Permasalahan penelitian ini adalah apakah teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Grogol Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik eksperimen untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang dikendalikan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dengan populasi berjumlah 142 siswa dan sampel penelitian berjumlah 20 siswa yang diambil dengan teknik purposive sample (sampel bertujuan).karena penelitian ini menggunakan Intact-Group Comparison maka kelas VIII di SMP Negeri 3 Grogol dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen berjumlah 10 siswa dan sebagai kelompok kontrol berjumlah 10 siswa. Berdasarkan dari pengolahan data pengujian teknik uji t (t-test) dapat dilihat bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 2,64881 > 2,228. Hal ini memiliki arti bahwa teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Grogol Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Berdasarkan simpulan diatas, direkomendasikan (1) pada guru BK hendaknya senantiasa memperhatikan tahap-tahap pelaksanaan dan frekuensi penggunaan teknik sosiodrama, agar dapat membantu siswa dalam meningkatkan perilaku disiplin siswa (2) kepada siswa diharapkan supaya mampu mengontrol dan meningkatkan perilaku disiplin siswa agar tercipta prilaku yang lebih baik di masa depan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI