HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI TSM SMK BUDI UTOMO GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK
Author (Penulis)
ROBYNAGUM GUMELAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0072
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya. Antusias siswa disekolah kejuruanyang terkadang menurun saat mengikuti pembelajaran. Selain itu, guru hanya menyampaikan materi pembelajaran tanpa membuat variansi pembelajaran. Sehingga siswa kurang maskimal dalam dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga peneliti bertujuan untuk melakukan pengamatan hubungan persepsi dengan motivasi belajar siswa kelas TSM SMK Budi Utomo Gandusari Kaputen Trenggalek.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan data angket persepsi danangket motivasi dari subyek peneltian kelas XI-TSM sebanyak 33 siswa. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi spearman’s untuk mencari hipotesis dari hubungan persepsi dengan motivasi belajar siswa yang mengikuti program kejuruan TSM.
Berdasarkan hasil deskripsi data dan analisis hipotesis, maka diketahui bahwa: terdapat hubungan pesepsi dengan motivasi belajar siswa dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan persepsi dengan motivasi belajar siswa TSM SMK Budi Utomo Gandusari Kabupaten Trenggalek yang ditunjukan dengan besarnya koefisien korelasi sebesar 0,857 dengan kategori sangat tinggi
Sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa akan pentingnya belajar juga memiliki peranan dalam tingginya motivasi siswa dalam belajar.
KATA KUNCI : Hubungan, Persepsi, dan Motivasi Belajar.