PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII SMPN 3 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

KARTIKA WIDYATAMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0069

Abstract

ABSTRAK Kedisiplinan adalah upaya mengendalikan diri dan sikap mental individu atau masyarakat dalam mengembangkan kepatuhan dan ketaatan terhadap disiplin masuk sekolah, disiplin dalam mengikuti pelajaran disekolah, disiplin dalam mengerjakan tugas, disiplin belajar dirumah dan disiplin dalam menaati tata tertib disekolah diukur dengan skala kedisiplinan belajar siswa yang dikembangkan sendiri oleh peneliti. Layanan bimbingan kelompok adalah proses pemberian bantuan yang diberikan pada individu dalam situasi kelompok yang dilaksanakan dengan tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, tahap pengakhiran berdasarkan RPLBK-kelompok yang dikembangkan sendiri oleh peneliti. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Teknik penelitian ini dengan menggunakan komparasi dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Intact-Group-Comparison. Proses analisis data menggunakan analisis Uji t sampel dengan perhitungan sistem manual. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden, yaitu siswa kelas VII-D dan VII-I SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil t hitung (3,00) > t tabel 1% ( 2,756, dengan db= N-1) artinya t hitung jauh diatas t tabel dengan taraf signifikan 1% sehingga ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan siswa. Jadi dalam penelitian ini dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan siswa kelas VII SMP Negri 3 Nganjuk tahun pelajaran 2016/2017. Saran penelitian sebaiknya berusaha untuk memberikan layanan bimbingan kepada siswa secara efisien efektif sehingga tercapai tujuan bimbingan dan konseling di sekolah, Siswa sadari diri menumbuhkembangkan sikap kedisiplinan dalam menjalani hidup sehari-hari, sikap yang demikian dapat membiasakan hidup yang penuh rasa tanggung jawab. Didalam kehidupan sosial lingkungan di sekolah, disiplin merupakan jiwa yang harus dimiliki oleh setiap individu dalam menjalankan tugasnya, agar suatu tindakan atau kegiatan pendidikan itu dapat nerjalan tertib dan teratur. Melakukan penelitian mengenai tingkat disiplin belajar siswa dengan variable yang berbeda,seperti Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap tingkat disiplin belajar siswa. Kata kunci: Kedisiplinan, Bimbingan Kelompok.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI