EFEKTIVITAS CINEMA THERAPY UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DI DEPAN KELAS SISWA KELAS XI PEMASARAN SMK PGRI 3 KEDIRI TAHUN 2016/2017


Author (Penulis)

CHRISTIAN DWI RANGGA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0067

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak siswa kelas XI Pemasaran SMK PGRI 3 Kediri kurang memiliki rasa percaya diri seperti tidak berani untuk berbicara atau tampil didepan umum, malu untuk mengungkapkan pendapatnya, mudah putus asa dalam menghadapi suatu masalah, sulit untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan yang lebih penting lagi kurang yakin pada kemampuan atau kelebihan yang dimilikinya. Untuk memecahkan masalah tersebut peneliti melaksanakan penelitian dengan menggunakan Cinema Therapy untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa di depan kelas. Permasalahan penelitian ini adalah: Efektifkah cinema therapy untuk meningkatkan rasa percaya diri di depan kelas Siswa Kelas XI Pemasaran SMK PGRI 3 Kediri Tahun 2016/2017? Menurut Sarastika (2014: 43) percaya diri adalah sikap atau keyakinan yang terdapat dalam diri sendiri. Cinema Therapy adalah proses menggunakan film dalam terapi sebagai metafora untuk meningkatkan pertumbuhan dan wawasan klien (Suarez, 2006: 1). Cinema Therapy dipilih karena media teknologi yang banyak dipakai dan media teknologi dapat menarik perhatian siswa. Dengan Cinema Therapy siswa dapat meningkatkan rasa percaya diri dari makna yang terkandung dari tayangan sebuah film. Dalam penelitian ini variabel bebas (X) adalah Cinema Therapy dan variabel terikat (Y) adalah rasa percaya diri di depan kelas. Subyek penelitian ini siswa kelas XI Pemasaran SMK PGRI 3 Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan penelitiannya adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik experimental one group pretest-posttest. Populasinya ialah seluruh siswa kelas XI Pemasaran SMK PGRI 3 Kediri yang berjumlah 14 siswa, sehingga pada penelitian ini tidak menggunakan sampel. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan percaya diri siswa terjadi peningkatan rata-rata kategori sedang menjadi kategori tinggi. Simpulan penelitian ini adalah: Cinema Therapy efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri di depan kelas Siswa Kelas XI Pemasaran SMK PGRI 3 Kediri Tahun 2016/2017. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: konselor dapat mengembangkan konsep Cinema Therapy agar efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa. Kata Kunci: cinema threrapy, rasa percaya diri di depan kelas

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI