EFEKTIVITAS CINEMA THERAPY UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DI DEPAN KELAS SISWA KELAS XI PEMASARAN SMK PGRI 3 KEDIRI TAHUN 2016/2017
Author (Penulis)
CHRISTIAN DWI RANGGA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0067
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak siswa kelas XI Pemasaran SMK PGRI 3 Kediri kurang
memiliki rasa percaya diri seperti tidak berani untuk berbicara atau tampil didepan umum, malu untuk
mengungkapkan pendapatnya, mudah putus asa dalam menghadapi suatu masalah, sulit untuk
menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan yang lebih penting lagi kurang yakin pada kemampuan
atau kelebihan yang dimilikinya. Untuk memecahkan masalah tersebut peneliti melaksanakan
penelitian dengan menggunakan Cinema Therapy untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa di
depan kelas. Permasalahan penelitian ini adalah: Efektifkah cinema therapy untuk meningkatkan rasa
percaya diri di depan kelas Siswa Kelas XI Pemasaran SMK PGRI 3 Kediri Tahun 2016/2017?
Menurut Sarastika (2014: 43) percaya diri adalah sikap atau keyakinan yang terdapat dalam diri
sendiri. Cinema Therapy adalah proses menggunakan film dalam terapi sebagai metafora untuk
meningkatkan pertumbuhan dan wawasan klien (Suarez, 2006: 1). Cinema Therapy dipilih karena
media teknologi yang banyak dipakai dan media teknologi dapat menarik perhatian siswa. Dengan
Cinema Therapy siswa dapat meningkatkan rasa percaya diri dari makna yang terkandung dari
tayangan sebuah film. Dalam penelitian ini variabel bebas (X) adalah Cinema Therapy dan variabel
terikat (Y) adalah rasa percaya diri di depan kelas. Subyek penelitian ini siswa kelas XI Pemasaran
SMK PGRI 3 Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan penelitiannya adalah pendekatan
kuantitatif dengan teknik experimental one group pretest-posttest. Populasinya ialah seluruh siswa
kelas XI Pemasaran SMK PGRI 3 Kediri yang berjumlah 14 siswa, sehingga pada penelitian ini tidak
menggunakan sampel. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik
analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan
percaya diri siswa terjadi peningkatan rata-rata kategori sedang menjadi kategori tinggi. Simpulan
penelitian ini adalah: Cinema Therapy efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri di depan kelas
Siswa Kelas XI Pemasaran SMK PGRI 3 Kediri Tahun 2016/2017. Berdasarkan simpulan hasil
penelitian ini, direkomendasikan: konselor dapat mengembangkan konsep Cinema Therapy agar
efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa.
Kata Kunci: cinema threrapy, rasa percaya diri di depan kelas