PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK FOCUS GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK PEMUDA PAPAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

HIDAYAH BUDIARINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0066

Abstract

ABSTRAK Hidayah Budiarini: Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Focus Group Discussion Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran Di SMK Pemuda Papar Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini berdasarkan latar belakang pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa masih nampaknya perilaku ketidakmandirian siswa dalam belajar yang disebabkan oleh faktor internal yaitu kurangnya kesadaran siswa dan juga faktor ekternal yaitu ajakan teman dan kurangnya dukungan dari lingkungan.. Selain itu, dalam upaya penanganan ketidakmandirian belajar di sekolah masih sebatas dengan layanan bimbingan klasikal. Akibatnya siswa nampak pasif, monoton dan dinilai belum efektif karena tidak ada dinamika kelompok dalam kelas. Hal tersebut menyebabkan ketidakmandirian belajar siswa masih saja terabaikan. Permasalah penelitian ini adalah “Apakah terdapat peningkatan kemandirian belajar pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran antara sebelum dan sesudah penerapan bimbingan kelompok teknik Focus Group Discussion. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan teknik Pre-Eksperimen model one group pre-test post-test dengan subyek penelitian siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran SMK Pemuda Papar. Penelitian dilakukan dengan memberikan perlakuan sebanyak 4 kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket kemandirian belajar dan penilaian berupa lembar kerja diskusi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui bimbingan kelompok teknik Focus Group Discussion dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya hasil uji analisis Wilcoxon didapat Thitung (sebesar 45) > Ttabel pada taraf signifikan 0,05 dengan N = 9 didapat sebesar 8. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : tujuan pokok bimbingan kelompok teknik Focus Group Discussion adalah khususnya untuk meningkatkan kemandirian belajar serta untuk mengembangkan dinamika dalam kelompok sehingga siswa tidak merasa bosan dan monoton. Oleh sebab itu guru BK sebagai moderator dan fasilitator siswa harus mampu mengembangkan layanan dalam bimbingan konseling agar lebih variatif. Kata kunci : bimbingan kelompok, teknik Focus Group Discussion, kemandirian belajar siswa

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI