Efektifitas Konseling Individu Menggunakan Pendekatan Behavioristik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Berprestasi Rendah Kelas VIII SMPN 1 Ngantru Tulungagung Tahun ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

EFI IDA RIANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0062

Abstract

EFI IDA RIANTI: Efektifitas Konseling Individu Menggunakan Pendekatan Behavioristik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Berprestasi Rendah Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Ngantru Tulungagung, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri Tahun 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa rendahnya minat belajar yang dimiliki oleh siswa – siswi SMP sebagian besar mempengaruhi proses belajar yang berdampak pada rendahnya prestasi belajar yang dimiliki oleh siswa siswi. Melalui konseling individu dengan pendekatan behavior diharapkan mampu meningkatkan minat belajar rendah yang mempengaruhi prestasi. Permasalahan peneliti ini adalah seberapa efektif konseling individu dengan pendekatan behavioristik untuk meningkatkan minat belajar siswa yang berprestasi rendah. Subyek penelitian berjumlah dua orang masing – masing adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Ngantru yang memiliki kriteria minat belajar rendah dan berdampak pada rendahnya prestasi belajar. Kegiatan penelitian diawali dengan observasi yang dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui kriteria siswa sebelum diberikan perlakuan, selanjutnya diberikan perlakuan berupa konseling individu dengan pendekatan behavior sebanyak tiga kali. Teknik yang digunakan dalam penelitian adalah SSR (Single Subjek Research) dengan pola A-B, untuk menganalisis data dilakukan dengan tiga langkah yaitu: analisis dalam kondisi, analisis antar kondisi, dan antar kondisi yang sama untuk mengukur perubahan perilaku subjek. Berdasarkan seluruh proses penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan konseling individu dengan pendekatan behavioristik efektif untuk meningkatkan minat belajar pada siswa yang berprestasi rendah. Hal ini dapat dibuktikan dari perubahan kecenderungan arah pada minat belajar subyek menuju pada perubahan yang positif sebab dapat dilihat pada grafik yang arah trendnya naik ke atas dan perubahan level juga membaik atau positif. Kata kunci : konseling individu, behavioristik, minat belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI