EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK BEHAVIORISTIK UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

TUNTUT TAMPI ARGO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0059

Abstract

EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Tuntut Tampi Argo 12.1.01.01.0059 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan – Prodi Bimbingan dan Konseling Email: Tuntutbeauty@gmail.com Dra. Khususiyah, M. Pd. dan Yuanita Dwi Krisphianti, M. Pd. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK TUNTUT TAMPI ARGO: Efektivitas Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia PGRI Kediri, 2016. Berdasarkan observasi di SMP Negeri 5 Kota Kediri masih terjadi pelanggaran tata terib sekolah. Siswa melanggar tata tertib sekolah karena ingin mengikuti perkembangan zaman serta ingin memiliki popularitas yang tinggi di sekolah, termasuk dalam hal kedisiplinan. Kurangnya kedisiplinan membuat siswa melanggar aturan tata tertib sekolah seperti terlambat datang ke sekolah, atribut pakaian tidak lengkap, dan memakai sepatu yang bukan warna hitam. Permasalahan penelitian ini adalah: Apakah teknik self management efektif untuk meningkatkan disiplin siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Kota Kediri tahun pelajaran 2016/2017? Kedisiplinan adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai ketaatan, kepatuhan, ketertiban, kesetiaan, dan keteraturan. Dalam hal ini keefektifan disiplin dapat dilihat dari 5 indikator yaitu: ketaatan, kepatuhan, ketertiban, kesetiaan, dan keteraturan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Kediri. Teknik penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dengan pola eksperimen one group pretest and posttest. Alat pengambilan data menggunakan instrumen angket kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPP, angket perilaku disiplin pretest-posttest dengan teknik self management. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji t diperoleh ? yaitu -9,438 ? 2,262 pada taraf signifikan 5% dengan N = 10, hal ini memiliki arti bahwa Ha diterima yaitu teknik self management efektif untuk meningkatkan disiplin siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Saran bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji permasalahan yang sama dapat menggunakan treatment berbeda untuk meminimalisir perilaku disiplin siswa yang rendah, dan untuk siswa diharap mampu menerapkan kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari, karena perilaku disiplin dapat berpengaruh di masa sekarang dan masa mendatang. KATA KUNCI : efektivitas, self management, disiplin siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI