EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK BEHAVIORISTIK UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
TUNTUT TAMPI ARGO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0059
Abstract
EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK
MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5
KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Tuntut Tampi Argo
12.1.01.01.0059
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan – Prodi Bimbingan dan Konseling
Email: Tuntutbeauty@gmail.com
Dra. Khususiyah, M. Pd. dan Yuanita Dwi Krisphianti, M. Pd.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
TUNTUT TAMPI ARGO: Efektivitas Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa
Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Bimbingan dan Konseling,
FKIP Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia PGRI Kediri, 2016.
Berdasarkan observasi di SMP Negeri 5 Kota Kediri masih terjadi pelanggaran tata
terib sekolah. Siswa melanggar tata tertib sekolah karena ingin mengikuti perkembangan
zaman serta ingin memiliki popularitas yang tinggi di sekolah, termasuk dalam hal
kedisiplinan. Kurangnya kedisiplinan membuat siswa melanggar aturan tata tertib sekolah
seperti terlambat datang ke sekolah, atribut pakaian tidak lengkap, dan memakai sepatu yang
bukan warna hitam. Permasalahan penelitian ini adalah: Apakah teknik self management
efektif untuk meningkatkan disiplin siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Kota Kediri tahun
pelajaran 2016/2017?
Kedisiplinan adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari
serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai ketaatan, kepatuhan, ketertiban, kesetiaan, dan
keteraturan. Dalam hal ini keefektifan disiplin dapat dilihat dari 5 indikator yaitu: ketaatan,
kepatuhan, ketertiban, kesetiaan, dan keteraturan. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Kediri. Teknik
penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dengan pola eksperimen one group pretest and
posttest. Alat pengambilan data menggunakan instrumen angket kedisiplinan siswa. Penelitian
ini menggunakan instrumen berupa RPP, angket perilaku disiplin pretest-posttest dengan
teknik self management. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji t diperoleh ?
yaitu -9,438 ? 2,262 pada taraf signifikan 5% dengan N = 10, hal ini memiliki arti
bahwa Ha diterima yaitu teknik self management efektif untuk meningkatkan disiplin siswa
kelas VII SMP Negeri 5 Kota Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Saran bagi peneliti
selanjutnya yang ingin mengkaji permasalahan yang sama dapat menggunakan treatment
berbeda untuk meminimalisir perilaku disiplin siswa yang rendah, dan untuk siswa diharap
mampu menerapkan kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari, karena perilaku disiplin dapat
berpengaruh di masa sekarang dan masa mendatang.
KATA KUNCI : efektivitas, self management, disiplin siswa.