EFEKTIVITAS TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
LAILATUL NIKMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0058
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa siswa yang kurang percaya pada kemampuan yang dimilikinya. Kurang percaya diri ini dimulai pada saat jam pelajaran berlangsung, siswa sering kali diam dan tidak berani mengungkapkan jawaban ataupun pertanyaan kepada guru mata pelajaran, pada saat jam istirahat siswa hanya bergaul dengan teman sekelasnya dibanding dengan teman kelas lain.
Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental yaitu dengan jenis desain one-group pre-test dan post-test, dengan tujuan untuk melihat efektivitas teknik role playing untuk meningkatkan percaya diri. Denganteknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive samplingdan didapatkan kelas VII KSMP Negeri 8 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 yang keseluruhan berjumlah 36 siswa yang kemudian diambil siswa yang memiliki skor percaya diri rendah yang didapatkan berjumlah 9 siswa.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket percaya diri.Analisis data menggunakanteknik paired samples t test. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai thitung ? ttabel yakni sebesar (-12,992 ? 1,860).Sehingga dapat diambil kesimpulan jika H0 ditolak dan Ha diterima, dengan hipotesis yang berbunyi teknik role playingefektif untuk meningkatkanpercaya diri siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kediri tahun pejaran 2016/2017”. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini diharapkan guru BK menggunakan teknik role playinguntuk meningkatkan percaya diri siswa.
KATA KUNCI :teknik role playing, percaya diri