PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KEDIRI


Author (Penulis)

EFFI BINTI S
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0055

Abstract

ABSTRAK EFFI BINTI SHOLIKAH, Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Media Animasi Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Kediri. Skripsi,BK,FKIP UNP Kediri, 2016 Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas X SMA Muhammadiyah Kediri yang menunjukkan tingkat konsentrasi belajar yang kurang baik, dengan ciri-ciri yaitu terdapat siswa yang melamun saat diberikan materi pelajaran, bermain-main ketika pelajaran, tidak memperhatikan guru, dan beberapa juga ada yang mengobrol dengan teman sebangkunya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat konsentrasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kediri sebelum layanan bimbingan kelompok melalui media animasi? (2) Apakah terdapat peningkatan konsentrasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kediri setelah penerapan layanan bimbingan kelompok melalui media animasi? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan keberhasilan dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok melalui media animasi. Manfaat penelitian ini memperkaya kajian tentang peningkatan konsentrasi belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok. Populasi penelitian yaitu 50 siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kediri dengan jumlah sampel 8 siswa, teknik sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis statitistik non parametik dengan Uji Wilcoxon. Peningkatan konsentrasi belajar siswa berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat konsentrasi belajar siswa sebelum diberi layanan pada kriteria rendah (112) ,dan setelah diberi layanan bimbingan kelompok termasuk dalam kategori tinggi (135). Dan hasil uji wilcoxon, menunjukkan bahwa nilai Zhitung 36 > Ztabel 4, atau memiliki arti bahwa Ho penelitian ditolak dan Ha penelitian diterima, artinya konsentrasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok melalui media animasi. Saran bagi guru pembimbing di sekolah hendaknya dapat lebih memahami bagaimana tingkat konsentrasi belajar para siswa ketika kegiatan belajar berlangsung dan dapat memotivasi siswanya untuk aktif dalam belajar, karena konsentrasi belajar siswa di kelas dapat mempengaruhi kualitas proses pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap pelajaran yang berpengaruh pada hasil belajar siswa. Kata Kunci : Layanan Bimbingan kelompok,Media Animasi,Konsentrasi belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI