KEEFEKTIFAN SENAM OTAK KANAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA LAYANAN KLASIKAL BK KELAS XI DI SMK NEGERI 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ALISTA SETYA LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0054

Abstract

Abstrak Alista Setya Lestari: Keefektifan Senam Otak Kanan untuk Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Belajar Siswa pada Layanan Klasikal BK Kelas XI di SMK Negeri 2 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2012. Senam otak kanan merupakan adalah gerakan-gerakan senam otak diiringi dengan instrumen musik yang menyenangkan. Dengan mengikuti gerakan senam otak dalam video senam otak kanan diharapkan siswa dapat mengembalikan konsentrasi belajar utamanya pada saat layanan klasikal BK berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data yang akurat dan menggali informasi tentang keefektifan senam otak kanan untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar siswa pada layanan klasikal BK Kelas XI di SMK Negeri 2 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 Penelitian ini menggunakan teknik quasy-experimental design (eksperimen semu) dengan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kediri sejumlah 64 siswa yang terbagi menjadi 32 siswa kelas kontrol dan 32 siswa kelas eksperimen. Penelitian dilaksanakan dalam dua sesi, menggunakan instrumen angket pretest dan posttest konsentrasi belajar siswa dan RPLBK. Hasil analisis data akhir dilakukan dengan menggunakan uji statistik parametrik yaitu Independent Sample T-Test (uji-t) dengan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 pada taraf signifikansi 5%. Karena 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Selain itu nilai thitung sebesar 5,799 lebih besar dari ttabel sebesar 2,042 (5,799 > 2,042) sehingga kedua perhitungan tersebut menunjukkan bahwa senam otak kanan efektif untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar siswa pada layanan klasikal BK Kelas XI di SMK Negeri 2 Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang perlu dikemukakan adalah Hendaknya para guru bimbingan dan konseling agar dapat memberikan ice breaking berupa senam otak kanan untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar siswa pada layanan klasikal BK. Kata kunci: senam otak kanan, konsentrasi belajar, layanan klasikal BK

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI