KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BIBLIOTERAPI UNTUK MENGATASI KECANDUAN GAME ONLINE SISWA KELAS XI SMA PAWYATAN DAHA KEDIRI
Author (Penulis)
DYAH AYU SETYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0053
Abstract
KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BIBLIOTERAPI UNTUK MENGATASI KECANDUAN GAME ONLINE SISWA KELAS XI SMA PAWYATAN DAHA KEDIRI
Dyah Ayu Setyani
12.1.01.01.0053
FKIP–Pendidikan Bimbingan dan Konseling
Dyahayu-s@yahoo.com
Dr. Atrup, M.Pd.,MM dan Risaniatin N., S.Pd.,M.Psi
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
DYAH AYU SETYANI, Keefektifan Bimbingan Kelompok Teknik BiblioterapiUntuk Mengatasi Kecanduan Game OnlineSiswa Kelas XI SMAPawyatan Daha KediriTahunAjaran 2016-2017, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2016
Penelitian ini dilatar belakangi maraknya aplikasi smartphone berjenis game online yang tidak di imbangi dengan kontrol diri yang lebih baik dalam penggunaan. Padahal game online memberikan dampak yang negatif apabila digunakan setiap hari dan berulang-ulang.Memberikan efek ingin mencoba lagi dan lagi.Dampak yang biasanya terjadi adalah gangguan pada kesehatan mata, prestasi menurun, hubungan sosial terganggu, sedikit memiliki teman, dan sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.Pertanyaan penelitian ini adalah apakah bimbingan kelompok teknik biblioterapiefektif mengatasi siswa kecanduan game online?Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain SSD (Single Subject Design).SSD merupakan jenis penelitian yang lebih mengutamakan data individu subyek daripada data kelompok.Didalam SSD ini penelitian dilakukan dengan 2fase, yaitu fase baseline dan fase intervensi.Fase baseline adalah keadaan subyek penelitian sebelum diberikannya perlakuan.Sedangkan fase intervensi adalah keadaan subyek sesudah diberikan perlakuan. Subyek sebanyak 2 siswa, yang semuanya kelas XI. Penelitian ini dilaksanakan dalam 5 kali pertemuan dan pada setiap pertemuan subyek diberikan sesi membaca buku dan diskusi sesuai bahan bacaan yang sudah diberikan dengan lembar observasi yang sama. Ini bertujuan untuk memudahkan peneliti menganalisis dan mendiskripsikan perubahan yang terjadi serta menyimpulkan hasil penelitian. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bimbingan kelompok teknik biblioterapi efektif mengatasi kecanduan game online pada siswa kelas XI SMA Pawyatan Daha Kediri.Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Penggunaan bimbingan kelompok teknik biblioterapi lebih sering digunakan dalam mengatasi permasalahan siswa.(2) Penggunaan bimbingan kelompok teknik biblioterapi lebih digeneralisasikan lagi, tidak hanya diberikan pada siswa yang kecanduan game online saja.
Kata Kunci : bimbingan kelompok, biblioterapi, dan kecanduan game online