EFEKTIVITAS KONSELING REALITA PROSEDUR WDEP UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LOCERET TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

SYAIFUL ROHMAN KHAKIM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0050

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya siswa yang memiliki penerimaan diri siswa.Penerimaan diri adalah cerminan dari perasaan puas terhadap diri sendiri, dengan kualitas-kualitas dan bakat-bakat diri serta pengakuan akan keterbatasan yang ada pada dirinya. Maka dalam hal ini perlu adanya alternatif solusi mengatasi permasalahan tersebut. Permasalahan penelitian ini adalah apakah konseling realita efektif untuk meningkatkan penerimaan diri siswa kelas X SMA Negeri 1 Loceret Tahun Pelajaran 2016/2017 ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimental dan design penelitian adalah pre experiment design dengan jenis one group pre-test and post-test design dan pengumpulan data penerimaan diri menggunakan skala penerimaan diri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pemberian pre-test, pemberian treatment konseling realita prosedur WDEP, dan pemberian post-test dengan menggunakan instrumen berupa angket. Populasi yang dijadikan subyek penelitian berjumlah 6 siswa kelas X SMA Negeri 1 Loceret. Untuk teknik analisa data yang digunakan adalah teknik uji wilcoxon. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Pemberian konseling realita diberikan kepada siswa yang bertujuan untuk mengubah perilaku siswa yang awalnya memiliki penerimaan diri rendah menjadi meningkat. Konseling realita prosedur WDEP efektif untuk meningkatkan penerimaan diri pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Loceret Tahun Pelajaran 2016/2017. Dalam peneliian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa konseling realita efektif untuk meningkatkan penerimaan diri siswa yang rendah. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya penerimaan diri siswa setelah diberikannya konseling realita teknik WDEP. Berdasarkan penelitian ini saran bagi (1) konselor/guru dapat digunakan sebagai acuan untuk mengatasi penerimaan diri rendah yang dialami siswa.(2) bagi peneliti selanjutnya dapat memberikan treatment yang berbeda untuk meningkatkan penerimaan diri siswa yang rendah. Kata Kunci: Konseling Realita Prosedur WDEP, Penerimaan Diri

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI