PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK KELAS XI APK II SMK PEMUDA PAPAR KEDIRI TAHUN AJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

ESTU PRAYOGO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0049

Abstract

ABSTRAK Estu Prayogo : Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Sopan Santun Pesertadidik Kelas XI APK II SMK Pemuda Papar Kediri Tahun Ajaran 2016-2017. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri,2017. Kata Kunci: Bimbingan kelompok, Metode sosiodrama, Sopan santun Perilaku santun dan sikap sopan yang tercermin di dalam budi pekerti sangat diperlukan apalagi dalam kegiatan belajar mengajar disekolah. Baik antara guru dengan siswa, siswa dengan kepala sekolah, dan siswa dengan staff pegawai yang bekerja disekolah tempatnya berada. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah terdapat peningkatan sopan santun pada siswa kelas XI APK II SMK Pemuda papar antara sebelum dan sesudah penerapan bimbingan kelompok dengan metode sosiodrama ?. Penelitian ini menggunanakan metode eksperimen jenis penelitian pre-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI APK SMK Pemuda Papar tahun 2016-2017. Pada penelitian ini pengambilan sampel digunakan cara purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket dengan jawaban tertutup yang diberikan terstruktur. Sedangkan Teknik analisis yang sesuai dengan rancangan dalam penelitian ini adalah statistik non parametris dengan menggunakan Wilcoxon Signed test dengan bantuan SPSS versi 20. Pada hasil penelitian, diketahui bahwa adanya peningkatan sesudah diberi perlakuan berupa bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis hasil dari perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test, maka nilai Z yang didapat sebesar -4,546 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,000 di mana kurang dari batas kritis penelitian 0,05 diketahui Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,000. Karena 0,000<0,05 disimpulkan bahwa Ha diterima. artinya Ada pengaruh penggunan metode bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dengan peningkatan sopan santun peserta didik kelas XI APK II SMK Papar. Simpulannya adalah berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diperoleh hasil terdapat peningkatan sopan santun siswa kelas XI APK 2 pada siswa kelas XI APK II hasil perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test, maka nilai Z yang didapat sebesar -4,546 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,000 di mana kurang dari batas kritis penelitian 0,05 , diketahui Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,000. Karena 0,000 < 0,05 disimpulkan bahwa Ha diterima. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomenasikan : (1) Tujuan pokok penelitian ini untuk melihat pengaruhnya pada peningkatan sopan santun siswa. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran terciptanya metode pembelajaran yang tepat.(2) Guru harus meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah metode bimbingan kelompok sosiodrama sesuai dengan seluruh katakteristik materi dan karakteristik peserta didik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-04-24

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI