PENGARUH INTERAKSI DENGAN ORANG YANG LEBIH TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X DI SMA PAWYATAN DAHA KEDIRI TAHUN 2015/2016
Author (Penulis)
SITI ARISATUN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0047
Abstract
Abstrak
SITI ARISATUN : Pengaruh Interaksi dengan Orang yang Lebih Tua terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas di X SMA Pawyatan Daha Kediri Tahun 2015/2016, Skripsi, BK, FKIP UN PGRI Kediri, 2017.
Penelitian ini dilatar belakang hasil pengamatan peneliti bahwa interaksi dengan orang yang lebih tua memiliki pengaruh yang kuat terhadap hasil belajar Matematika, sebaliknya untuk menciptakan anak untuk menjadi mengenal diri sendiri dan mampu mengenal norma susila dan nilai moral serta dapat menyikapi secara selektif agar mendapatkan hasil belajar matematika yang memuaskan, sebaliknya bila seorang anak belum mengenal diri sendiri, norma susila, nilai moral serta belum bisa menyikapi secara selektif akan menjadi kekhawatiran untuk Guru, Orang Tua, dan Masyarakat dalam hasil belajar Matematika itu sendiri maupun dalam lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi dengan orang yang lebih tua terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas di X SMA Pawyatan Daha Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kuantitatif dan metode teknik Explanatory Research dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 41 responden dari total populasi sebanyak 206 siswa kelas X SMA Pawyatan Daha Kediri. Penelitian ini dengan cara memberikan skala yaitu skala interaksi dengan orang yang lebih tua dan dokumentasi nilai ulangan harian Matematika.
Hasil pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS 16.0 for windows menunjukan ada hubungan antara interaksi dengan orang yang lebih tua terhadap hasil belajar matematika pada Siswa Kelas X SMA Pawyatan Daha Kediri ditunjukkan r hitung 0,366 lebih besar r table 0,308 pada taraf sigifikansi 5%. Maka hasilnya Ha diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan antara interaksi dengan orang yang lebih tua dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas X SMA Pawyatan Daha Kediri tahun 2015/2016.
Berdasarkan hasil penelitian yang menujukan hasil adanya pengaruh interaksi dengan orang yang lebih tua terhadap hasil belajar Matematika, maka Konselor/Guru BK diharapkan memberikan pengertian lebih tentang interaksi/pergaulan terutama interaksi dengan orang yang lebih tua agar siswa mampu mengenal dan mengetahui norma susila dan nilai moral serta menyikapinya secara selektif, dan diharapkan siswa memiliki motivasi diri untuk meningkatkan interaksi dengan orang yang lebih tua untuk mengenal dan mengetahui norma susila dan nilai moral serta menyikapinya secara selektif.
Kata kunci: interaksi dengan orang yang lebih tua, hasil belajar matematika