STUDY KASUS KONFORMITAS KELOMPOK NEGATIF DI UPTD SMP NEGERI 1 SEMEN KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

RISKA WAHYU HAJUBA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0042

Abstract

STUDI KASUS KONFORMITAS KELOMPOK NEGATIF DI UPTD SMP NEGERI 1 SEMEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017 RISKA WAHYU HAJUBA 12.1.01.01.0042 FKIP-Bimbingan dan Konseling Riskahajub9@gmail.com Dra. Khususiyah, M.Pd dan Galang Surya Gumilang, M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil penelitian bahwa adanya siswa di kelas VIII dan kelas IX yang dianggap nakal oleh teman-temannya, bahkan sering membolos dan membuat gaduh di dalam kelas. Maka peneliti memiliki ketertarikan untuk melakukan penelitian mengenai deskripsi, ciri-ciri dan faktor-faktor yang mempengaruhi siswa-siswa tersebut melakukan konformitas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi, ciri-ciri dan faktor-faktor yang mempengaruhi siswa-siswa tersebut melakukan konformitas yang terjadi di SMP Negeri 1 Semen dan cara menghindari dan mengatasi konformitas kelompok negatif di lingkungan sekolah tersebut.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif (studi kasus), dengan mengambil latar belakang SMP Negeri 1 Semen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menyatakan bahwa bentuk konformitas kelompok yang terjadi di SMP Negeri 1 Semen yaitu membolos ditengah pelajaran sedang berlangsung. Permasalahan timbul karena kurangnya perhatian dari orang tua dan lingkungan sekolah. Cara mencegah, mengatasi dan meminimalisir perilaku konformitas yaitu 1) Sebagai orang tua seharusnya memberikan contoh kepribadian yang baik. 2) Apabila lingkungan tempat tinggalnya baik mereka juga melakukan perbuatan-perbuatan yang baik juga. 3) orang tua seharusnya mengawasi dan mengarahkan anaknya saat mneggunakan fasilitas media massa dengan memberikan edukasi yang baik.Berdasarkan hasil penelitian diatas, pihak sekolah seharusnya lebih memperhatikan fasilitas, pengawasan dan lebih menjalin hubungan dengan siswa, begitupula di dalam lingkungan rumah orang tua dan peserta didik harusnya saling menjalin komunikasi dengan baik. KATA KUNCI : konformitas, kelompok negatif

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI