ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, banyak siswa yang
menunjukkan kurangnya sikap penyesuaian sosial yang baik dalam diri mereka. Seperti halnya mudah
emosi jika menghadapi sebuah permasalahan dengan teman-teman di sekolahnya, dan juga
mementingkan keperluan diri sendiri terlebih dahulu daripada kepentingan bersama. Untuk
mewujudkan penyesuaian sosial yang baik, diperlukan usaha untuk meningkatkan masalah tersebut.
Salah satunya melalui proses pendidikan yang efektif dan efisien. Dari sini pendidikan tidak hanya
outputnya, melainkan harus dilihat juga dari segi bagaimana proses pendidikan itu diselenggarakan,
dimana dalam pelaksanaannya membutuhkan perencanaan dan pelaksanaan yang sangat matang agar
tercapai hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan
teknik group investigation berpengaruh terhadap penyesuaian sosial siswa kelas VII SMP Pawyatan
Daha 1 Kota Kediri tahun pelajaran 2018-2019. Penelitian ini menggunakan teknik one-group pretest?posttest dan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Pawyatan Daha 1
Kota Kediri sebanyak 224 siswa, dengan sampel sejumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan non-probabiliyty sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui
instrumen angket. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : thitung = 18,963 dan ttabel =
2,039. Hal ini berarti thitung > ttabel, yaitu 18,963 > 2,039. Dengan demikian, hitpotesis yang berbunyi
adanya pengaruh yang positif dari layanan bimbingan teknik group investigation terhadap penyesuaian
sosial siswa kelas VII SMP Pawyatan Daha 1 Kota Kediri diterima. Simpulan dalam penelitian ini
adalah adanya pengaruh layanan bimbingan teknik group investigation terhadap penyesuaian sosial
siswa kelas VII SMP Pawyatan Daha 1 Kota Kediri. Saran pada guru BK ataupun konselor di sekolah
dapat memberikan layanan bimbingan teknik group investigation yang telah terbukti dapat
berpengaruh terhadap penyesuaian sosial siswa di sekolah.
Kata Kunci: Penyesuaian Sosial, Group Investigation.
DAFTAR PUSTAKA
Abdulloh, M. (Ed). 2015. Metodologi
Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta:
Aswaja.
Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan. Edisi 2. Jakarta : PT.
Bumi Aksara.
Darmadi, H. 2011. Metodologi Penelitian
Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ghozali I. 2011. Aplikasi Analisis
Multivariate Dengan Program IBM
SPSS 20.0 . Semarang : Badan
Penerbit Universitas Diponegoro.
Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran
dan Pembelajaran. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar Offset.
Hurlock. 1990. Penyesuaian Sosial. Artikel
disajikan pada Penyesuaian Sosial.
Dalam Ita Sulistiyaningsih blogspot
(online) tersedia:
http://itasulistya.blogspot.co.id/.
Diposkan pada 03 Oktober 2015.
Diunduh pada 10 Januari 2015.
Schneider. 1961. Personal Adjustment and
mental health. Artikel disajikan
pada penyesuaian sosial. Dalam
Sandy Ajizah database (online),
tersedia :
http://sandyajizah.blogspot.co.id/.
Diposkan oleh Sandy Ajizah pada
15 Januari 2013. Diunduh pada 12
Januari 2016.
Setiyawan. 2006. Kelebihan Group
Investigation. Artikel disajikan
pada kelebihan-dan-kekuranganpembelajaran. Dalam Ahmad Ajiji
Database (online), teredia :
http://discussionlecture.blogspot.co.id/. Diposkan
oleh Ahmad Ajiji pada bulan 09
Tahun 2009. Diunduh pada 5
Januari 2016.
Sugiyono. 2002. Metodologi Penilitian
Bisnis. Artikel disajikan pada
Analisiss Kuantitatif. Dalam Ali
Muhson Database (online), tersedia
: http://staff.uny.ac.id Diunduh
pada 13 Desember 2015.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian
Kuantitatif Kualtitatif dan R&D
(Mahriani, Elida, Ed). Bandung :
Alfabeta.
Tohirin. 2007. Layanan bimbingandi
Sekolah dan Madrasah. Jakarta:
Raja Grafindo Persada.
Wijayanti, dkk. 2010. Pengaruh Teknik
layanan Group Investigation (GI)
terhadap Kemampuan Berpikir
Kritis Siswa kelas X SMA Negeri 1
Mejayan Kabupaten Madiun.
Skripsi. Dipublikasikan. Malang:
Universitas Negeri Malang.
Yusnia, I. A. 2017. pengaruh layanan
bimbingan kelompok teknik diskusi
terhadap kemampuan komunikasi
interpersonal siswa kelas x sman 3
kota kediri tahun ajaran
2016/2017. Artikel disajikan pada
Jurnal Layanan
bimbinganIndonesia. Dalam Sari,
Ima Yusnia Anita (online), tersedia:
http://journal.unusa.ac.id/index.php
/education/article/view/451.
Diunduh pada 20 Juni 2019.
Zayanti, D. M. 2009. Pengaruh Teknik
layanan Group Investigation
(kelompok investigasi) terhadap
Prestasi Belajar Siswa pada Mata
Pelajaran IPS Sejarah sub pokok
Bahasan Kebijakan Pelaksanaan
Sistem Pajak Tanah dan Tanam
Paksa Masa Kolonial Belanda
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 02
Susukan Kab. Banjarnegara.
Skripsi. Dipublikasikan. Semarang.
Universitas Negeri Semarang.