PENGARUH BIMBINGAN TEKNIK GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS VII SMP PAWYATAN DAHA 1 KOTA KEDIRI TAHUN 2018/2019


Author (Penulis)

MOH. NUR AFRIZAX
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0037

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, banyak siswa yang 
menunjukkan kurangnya sikap penyesuaian sosial yang baik dalam diri mereka. Seperti halnya mudah 
emosi jika menghadapi sebuah permasalahan dengan teman-teman di sekolahnya, dan juga 
mementingkan keperluan diri sendiri terlebih dahulu daripada kepentingan bersama. Untuk 
mewujudkan penyesuaian sosial yang baik, diperlukan usaha untuk meningkatkan masalah tersebut. 
Salah satunya melalui proses pendidikan yang efektif dan efisien. Dari sini pendidikan tidak hanya 
outputnya, melainkan harus dilihat juga dari segi bagaimana proses pendidikan itu diselenggarakan, 
dimana dalam pelaksanaannya membutuhkan perencanaan dan pelaksanaan yang sangat matang agar 
tercapai hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan 
teknik group investigation berpengaruh terhadap penyesuaian sosial siswa kelas VII SMP Pawyatan 
Daha 1 Kota Kediri tahun pelajaran 2018-2019. Penelitian ini menggunakan teknik one-group pretest?posttest dan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Pawyatan Daha 1 
Kota Kediri sebanyak 224 siswa, dengan sampel sejumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel 
dalam penelitian ini menggunakan non-probabiliyty sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui 
instrumen angket. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : thitung = 18,963 dan ttabel = 
2,039. Hal ini berarti thitung > ttabel, yaitu 18,963 > 2,039. Dengan demikian, hitpotesis yang berbunyi 
adanya pengaruh yang positif dari layanan bimbingan teknik group investigation terhadap penyesuaian 
sosial siswa kelas VII SMP Pawyatan Daha 1 Kota Kediri diterima. Simpulan dalam penelitian ini 
adalah adanya pengaruh layanan bimbingan teknik group investigation terhadap penyesuaian sosial 
siswa kelas VII SMP Pawyatan Daha 1 Kota Kediri. Saran pada guru BK ataupun konselor di sekolah 
dapat memberikan layanan bimbingan teknik group investigation yang telah terbukti dapat 
berpengaruh terhadap penyesuaian sosial siswa di sekolah. 
Kata Kunci: Penyesuaian Sosial, Group Investigation.

 


Keyword

Penyesuaian Sosial, Group Investigation.

Reference

DAFTAR PUSTAKA 

Abdulloh, M. (Ed). 2015. Metodologi 

Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta:

Aswaja.

Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi 

Pendidikan. Edisi 2. Jakarta : PT. 

Bumi Aksara.

Darmadi, H. 2011. Metodologi Penelitian 

Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 

Ghozali I. 2011. Aplikasi Analisis 

Multivariate Dengan Program IBM 

SPSS 20.0 . Semarang : Badan 

Penerbit Universitas Diponegoro.

Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran 

dan Pembelajaran. Yogyakarta: 

Pustaka Pelajar Offset.

Hurlock. 1990. Penyesuaian Sosial. Artikel 

disajikan pada Penyesuaian Sosial. 

Dalam Ita Sulistiyaningsih blogspot 

(online) tersedia: 

http://itasulistya.blogspot.co.id/. 

Diposkan pada 03 Oktober 2015.

Diunduh pada 10 Januari 2015.

Schneider. 1961. Personal Adjustment and 

mental health. Artikel disajikan 

pada penyesuaian sosial. Dalam 

Sandy Ajizah database (online), 

tersedia : 

http://sandyajizah.blogspot.co.id/. 

Diposkan oleh Sandy Ajizah pada 

15 Januari 2013. Diunduh pada 12 

Januari 2016.

Setiyawan. 2006. Kelebihan Group 

Investigation. Artikel disajikan 

pada kelebihan-dan-kekurangan￾pembelajaran. Dalam Ahmad Ajiji 

Database (online), teredia : 

http://discussion￾lecture.blogspot.co.id/. Diposkan 

oleh Ahmad Ajiji pada bulan 09 

Tahun 2009. Diunduh pada 5 

Januari 2016.

Sugiyono. 2002. Metodologi Penilitian 

Bisnis. Artikel disajikan pada 

Analisiss Kuantitatif. Dalam Ali 

Muhson Database (online), tersedia 

: http://staff.uny.ac.id Diunduh 

pada 13 Desember 2015.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian 

Kuantitatif Kualtitatif dan R&D 

(Mahriani, Elida, Ed). Bandung : 

Alfabeta.

Tohirin. 2007. Layanan bimbingandi 

Sekolah dan Madrasah. Jakarta: 

Raja Grafindo Persada.

Wijayanti, dkk. 2010. Pengaruh Teknik 

layanan Group Investigation (GI) 

terhadap Kemampuan Berpikir 

Kritis Siswa kelas X SMA Negeri 1 

Mejayan Kabupaten Madiun. 

Skripsi. Dipublikasikan. Malang: 

Universitas Negeri Malang.

Yusnia, I. A. 2017. pengaruh layanan 

bimbingan kelompok teknik diskusi 

terhadap kemampuan komunikasi 

interpersonal siswa kelas x sman 3 

kota kediri tahun ajaran 

2016/2017. Artikel disajikan pada 

Jurnal Layanan 

bimbinganIndonesia. Dalam Sari, 

Ima Yusnia Anita (online), tersedia: 

http://journal.unusa.ac.id/index.php

/education/article/view/451. 

Diunduh pada 20 Juni 2019.

Zayanti, D. M. 2009. Pengaruh Teknik 

layanan Group Investigation 

(kelompok investigasi) terhadap 

Prestasi Belajar Siswa pada Mata 

Pelajaran IPS Sejarah sub pokok 

Bahasan Kebijakan Pelaksanaan 

Sistem Pajak Tanah dan Tanam 

Paksa Masa Kolonial Belanda 

Siswa Kelas VIII SMP Negeri 02 

Susukan Kab. Banjarnegara.

Skripsi. Dipublikasikan. Semarang. 

Universitas Negeri Semarang.


PUBLISHED

2019-07-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade