EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LOCERET TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017


Author (Penulis)

WEDHA PUSPITA YUDHA PURBA MUKTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0033

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa menyadari interaksi sosial penting kehidupan seseorang kedepannya. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak mungkin mampu hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Melalui interaksi sosial individu dapat saling mengenal satu dengan yang lainnya. Teknik sosiodrama merupakan salah satu cara yang patut dicoba untuk membantu individu yang memiliki tingkat interaksi sosial rendah. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan interaksi sosial teman sebaya Siswa Kelas X SMAN 1 Loceret Nganjuk Tahun Pelajaran 2016 / 2017Interaksi sosial adalah satu pertalian sosial antar individu sehingga individu yang bersangkutan saling memengaruhi satu sama lainnya. Muh. Surya dan Djumhur (1985: 109). teknik sosiodrama merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan untuk memberikan layanan bimbingan kelompok di sekolah dengan cara bermain peran,untuk mengatasi masalah interaksi sosial.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian adalah pre experiment design dengan jenis one group pre-test and post-test design. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pemberian pre-test menggunakan instrumen berupa angket interaksi sosial, pemberian treatment bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dan pemberian post-test dengan menggunakan instrumen berupa angket interaksi sosial,RPLBK dan perlakuan sosiodrama. Populasi yang ada berjumlah 232 dan yang dijadikan sampel penelitian berjumlah 32 siswa kelas X SMAN 1 Loceret Nganjuk. Untuk teknik analisa data yang digunakan adalah teknik uji t.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah interaksi sosial siswa terjadi peningkatan rata-rata memiliki kemampuan interaksi sosial sedang menjadi tinggi. Teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan interaksi sosial teman sebaya Siswa Kelas X SMAN 1 Loceret Nganjuk Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan pada konselor untuk lebih kreatif dalam menangani siswa yang mempunyai tingkat interaksi rendah karena dapat memengaruhi pertemanan, dan dimasa datang dapat memengaruhi sosialisasi dengan masyarakat. Kata kunci : teknik sosiodrama, interaksi sosial.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI