Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan perilaku kurang disiplin sekolah seperti tidak mentaati tata tertib yang ada di sekolah, kurang menjaga keamanan sekolah, tidak menjaga nama baik sekolah, kurang mampu bertanggung jawab terhadap apa yang menjadi resiko, kurang menjalankan sesuatu yang sudah menjadi kewajiban sekolah dan tidak mampu menyelesaikan tugas secara tepat waktu di sekolah. Salah satu yang memberikan pengaruh perilaku disiplin sekolah siswa adalah teman sebaya, adapun teman sebaya di fokuskan pada tiga aspek yaitu mengajarkan mobilitas hubungan sosial, belajar mengontrol tingkah laku sosial dan mampu menjadi sumber informasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut adakah hubungan teman sebaya dengan perilaku disiplin sekolah siswa kelas XI di SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan teman sebaya dengan perilaku disiplin sekolah siswa kelas XI di SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dengan populasi berjumlah 222 siswa dan sampel penelitian berjumlah 54 siswa yang diambil dengan teknik sampel proportional. Berdasarkan pengolahan data menggunakan teknik korelasi product moment pearson menggunakan bantuan SPSS 20 for windows yang membandingkan r hitung dengan r tabel dengan taraf signifikansi 5% dengan jumlah 54 responden, diperoleh r tabel 0,226 dan r hitung 0,301. Dengan demikian, r hitung (0,301) > r tabel (0,226). Akibatnya Ho ditolak dan Ha diterima, hal tersebut berarti ada hubungan antara teman sebaya dengan perilaku disiplin siswa kelas XI di SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan simpulan di atas, telah membuktikan terdapat hubungan teman sebaya dengan perilaku disiplin siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Ajaran 2018/2019. Hal ini berarti bahwa perilaku disiplin sekolah yang dimiliki siswa mempunyai hubungan dengan pergaulan teman sebaya. Berdasarkan hasil penelitian, direkomendasikan kepada 1) Guru BK memperhatikan dan membantu meningkatkan perilaku disiplin siswa, sehingga siswa dapat menjalakan atau mematuhi peraturan yang berada disekolah. 2) Kepada siswa diharapkan dapat berinteraksi dengan baik antar teman. Hal ini dikarenakan dengan berkembangnya hubungan teman sebaya, siswa akan lebih mudah bergaul dan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.
Azwar, Syaifudin. 2015. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tu’u Tulus, 2004. Mengembangkan Perilaku Kedisiplinan Siswa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabet
Wulan, Dewi Sri Nawang. 2007. Interaksi Sosial Teman Sebaya Dan Remaja. Skripsi Sarjana pada FIP UPI Bandung: tidak ditertibkan