HUBUNGAN ANTARA PENGENDALIAN DIRI (SELF CONTROL) DENGAN KEMATANGAN EMOSI PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK PELAYARAN HANG TUAH KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

TIKA PRADINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0029

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah buruknya pengendalian diri siswa kelas XI SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri. Seperti tonjok-tonjokkan di dalam kelas dan tendang-tendangan dengan teman satu kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara pengendalian diri (self control) dengan kematangan emosi siswa. Pengendalian diri menurut Roosianti (dalam Zulkarnaen 2002) yaitu kemampuan untuk mengendalikan perilaku, cenderung untuk menarik perhatian, keinginan untuk mengubah perilaku agar sesuai untuk orang lain, menyenangkan orang lain, selalu konform dengan orang lain, serta menutup perasaannya. Kematangan emosi menurut Goleman (2003) adalah emosi merujuk pada suatu perasaan dan pikiran yang khas, suatu keadaan biologis dan psikologis dan serangkaian kecenderungan untuk bertindak. Dalam penelitian ini variabel bebasnya (X) adalah pengendalian diri dan variabel terikatnya (Y) adalah kematangan emosi. Subyek penelitian ini siswa kelas XI SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI sebanyak 78 peserta didik. Jika subjek kurang dari 100, maka lebih baik diambil semua, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data menggunakan skala pengendalian diri dan kematangan emosi siswa. Uji analisis menggunakan korelasi product momentdan pengujian reliabilitas menggunakan teknik Cronbach Alpha. Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan antara pengendalian diri dengan kematangan emosi siswa yang bersifat positif. Simpulan penelitian ini yaitu, semakin siswa memiliki kontrol diri yang baik maka dia dapat mengontrol ekspresi emosi dari dalam dirinya. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan bagi konselor untuk lebih memantau perkembangan siswa dengan cara menanamkan dasar agama yang kuat sejak dini dan bagi siswa agar lebih memperhatikan dalam pergaulannya dan untuk lebih dapat mengendalikan diri, agar terhindar dari pengaruh buruk dalam pergaulan. KATA KUNCI : pengendalian diri, kematangan emosi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI