HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA OTORITER DENGAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII SMPN 2 SENDANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
IDA ANGGUNTIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0027
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa mayoritas orang tua masih menerapkan pola asuh otoriter terhadap anak, akibatnya terjadi masalah perkembangan pada anak,anak cenderung mempunyai rasa percaya diri, prestasi dan kepercayaan diri yang rendah. Permasalahan penelitian ini adalah : adakah hubungan antara pola asuh otoriter dengan rasa percaya diri siswa kelas VIII SMPN 2 Sendang?, bagaimana keadaan pola asuh otoriter siswa kelas VIII SMPN 2 Sendang?, bagaimana keadaan rasa percaya diri siswa kelas VIII SMP 2 Sendang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMPN 2 Sendang kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan menggunakan angket pola asuh orang tua otoriter dan rasa percaya diri. (1) Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Pola asuh otoriter kelas VIII SMP Negeri 2 Sendang Tulungagung mayoritas adalah tinggi. (2) Rasa percaya diri siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sendang Tulungagung, mayoritas adalah rendah. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh otoriter dengan rasa percaya diri anak. Dalam arti semakin tinggi pola asuh otoriter yang diterapkan orang tua semakin rendah rasa percaya diri yang dimiliki siswa, yang ditunjukkan dari nilai hasil uji korelasi pearson product moment sebesar 0,26982219 > 0,258. Karena r_(hitung )> r_(tabel ) dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,258.