HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA OTORITER DENGAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII SMPN 2 SENDANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

IDA ANGGUNTIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0027

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa mayoritas orang tua masih menerapkan pola asuh otoriter terhadap anak, akibatnya terjadi masalah perkembangan pada anak,anak cenderung mempunyai rasa percaya diri, prestasi dan kepercayaan diri yang rendah. Permasalahan penelitian ini adalah : adakah hubungan antara pola asuh otoriter dengan rasa percaya diri siswa kelas VIII SMPN 2 Sendang?, bagaimana keadaan pola asuh otoriter siswa kelas VIII SMPN 2 Sendang?, bagaimana keadaan rasa percaya diri siswa kelas VIII SMP 2 Sendang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMPN 2 Sendang kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan menggunakan angket pola asuh orang tua otoriter dan rasa percaya diri. (1) Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Pola asuh otoriter kelas VIII SMP Negeri 2 Sendang Tulungagung mayoritas adalah tinggi. (2) Rasa percaya diri siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sendang Tulungagung, mayoritas adalah rendah. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh otoriter dengan rasa percaya diri anak. Dalam arti semakin tinggi pola asuh otoriter yang diterapkan orang tua semakin rendah rasa percaya diri yang dimiliki siswa, yang ditunjukkan dari nilai hasil uji korelasi pearson product moment sebesar 0,26982219 > 0,258. Karena r_(hitung )> r_(tabel ) dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,258.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI