Pengaruh Konseling Kelompok dengan Pendekatan Person Centered Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016-2017


Author (Penulis)

SRI DWI ANGGRAENI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan olah data yang dilakukan peneliti, bahwa rasa percaya diri siswa masih tergolong rendah. Keberhasilan pemberian konseling kelompok dengan pendekatan person centered diharapkan dapat mencapai target yaitu dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan pendekatan person centered terhadap rasa percaya diri siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik eksperimen dengan desain Pre-Experimental one group pre-test dan post-test. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri yang berjumlah 139 siswa. Sampel penelitian 6 siswa yang teridentifikasi rasa percaya diri rendah dan di tetapkan dengan purpossive non random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa skala rasa percaya diri. Analisis data menggunakan uji t-test. Hasil dari nilai rata-rata pretest didapat nilai rasa percaya diri 75,67 yang artinya rata-rata pre-test tergolong klasifikasi rendah, dan nilai rata-rata posttest didapat nilai rasa percaya diri 81,00 yang artinya rata-rata post-test tergolong klasifikasi tinggi. Berdasarkan hasil analisis data hasil thitung kemudian di dibandingkan dengan ttabel untuk df (6-1) = 5 pada taraf signifikansi 5% dan diperoleh ttabel sebesar 2,571. Hasilnya didapatkan thitung (-7,016) ? ttabel (2,571) maka Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh konseling kelompok dengan pendekatan person centered terhadap rasa percaya diri siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini, direkomendasikan bagi konselor atau guru bimbingan dan konseling di sekolah dapat menerapkan layanan konseling kelompok dengan pendekatan person centered untuk membantu siswa yang memiliki rasa percaya diri yang rendah agar peserta didik dapat berkembang dan mampu meningkatkan kemampuan dan potensinya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI