PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU KOMUNIKASI ANTAR PERSONAL SISWA KELAS X TSM DI SEKOLAH SMK PGRI 4 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MOHAMMAD SJAIFUL AZIZ
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0021

Abstract

Abstark Mohammad Sjaiful Aziz: Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Komunikasi Antar Personal Siswa Kelas X TSM SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016,Skripsi, Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Kata kunci: Game Online, Perilaku Komunikasi Antar Personal. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, mengenai perkembangan teknologi internet khususnya perkembangan game online yang didominasi oleh usia pelajar khususnya siswa laki-laki sehingga peneliti merasa perlu mengadakan penelitian mengenai pengaruh game online terhadap perilaku komunikasi antar personal siswa dan penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI 4 Kota Kediri hal ini dikarenakan mayoritas siswa SMK PGRI 4 Kota Kediri adalah laki-laki dan banyaknya siswa yang sering bermasalah dalam kurangnya etika berkomunikasi terhadap lingkungan disekitarnya karena terkena dampak bermain game online dan penelitian ini mengambil populasi kelas X TSM dengan sampel 30 siswa X TSM SMK PGRI 4 Kota Kediri untuk dijadikan obyek penelitian. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Adakah Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Komunikasi Antar Personal Siswa Kelas X TSM di SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015–2016?”. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Ada tidaknya korelasi pengaruh game online terhadap perilaku komunikasi antar personal pada siswa kelas X TSM di SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016”. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik penelitian kausal komparatif. Dalam penelitian ini akan membagi siswa menjadi 2 kelompok yaitu kelompok siswa yang tidak bermain game online dan kelompok siswa yang bermain game online. Proses analisis menggunakan teknik analisis Uji t Independent Test dengan bantuan software SPSS 16.0 for windows. Obyek dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu tidak bermain game online (kelompok A) sebesar 18 siswa dan bermain game online (kelompok B) sebesar 12 siswa dari kelas X TSM SMK PGRI 4 Kota Kediri. Hasil pengujian hipotesis dengan teknik Uji t Independent Test dengan bantuan SPSS 16.0 For Windows menunjukkan “Ada Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Komunikasi Antar Personal Siswa Kelas X TSM SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016” yang sangat signifikan. Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Komunikasi Antar Personal Siswa Kelas X TSM SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016 ditunjukkan dengan nilai thitung 16,698 lebih besar dari ttabel 2,763 pada taraf signifikansi 1%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan kepada guru mata pelajaran dan konselor sekolah untuk selalu memperhatikan perkembangan peserta didik khususnya mengenai etika dalam berkomunikasi peserta didik dan memberikan pengarahan mengenai dampak-dampak perkembangan teknologi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI