KEEFEKTIFAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS X SMA PAWYATAN DAHA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
ELVIRA AGUSTIA SANNY
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0019
Abstract
ABSTRAK
Elvira: Keefektifan Pendekatan Behavioristik Dengan Teknik Reinforcement Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMA Pawyatan Daha Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yang pernah melaksanakan kegiatan PPL di sekolah tersebut, bahwa banyak siswa yang tingkatkepercayaan dirinya rendah namun tidak ada penanganan sama sekali dari pihak sekolah untuk membantu siswa meningkatkan kepercayaan dirinya.
Pertanyaan penelitian ini adalah apakah pendekatan behavioristik dengan teknik reinforcemen efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa?.
Peneliti ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif dengan menggunakan desain SSD (Single Subject Design). Subyek dalam penelitian ini sebanyak 2 peserta didik, yang semuanya kelas X. Penelitian ini dilaksanakan dalam 6 sesi, yaitu 3 sesi baseline (A) peneliti melakukan observasi kepada calon subyek dan 3 sesi intervensi (B) setiap setelah pemberian intervensi peneliti mengobservasi subyek kembali. Ini bertujuan untuk memudahkan peneliti untuk menganalisis perubahan yang terjadi serta menyimpulkan hasil penelitian.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pendekatan behavioristik dengan teknik reinforcement efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa yang kurang percaya diri. Adapun saran dari peneliti untuk guru BK adalah untuk mencoba menggunakan pendekatan behavioristik dengan teknik reinforcement untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Kata Kunci : Pendekatan Behavioristik, Teknik Reinforcement, Kepercayaan Diri