STUDI TENTANG MINAT BELAJAR SISWA PEMAIN GAME ONLINE COC ( CLASH OF CLAN) DI SMP PAWYATAN DAHA 2 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

IVA NIAMATUL KHUSNA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0012

Abstract

Abstrak IVA NIAMATUL KHUSNA: Studi Tentang Minat Belajar Siswa Pemain Game Online COC (Clash of Clan) di SMP Pawyatan Daha 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 Pendidikan adalah salah satu wadah yang berisi suatu proses belajar mengajar yang diartikan sebagai suatu interaksi antara siswa dan guru dalam mencapai sebuah tujuan. Untuk mengembangkan itu semua manusia akan senantiasa belajar. Untuk menumbuhkan minat belajar yang ideal disekolah salah satu hal yang diperhatikan adalah lingkungan. Lingkungan belajar disekolah merupakan situasi yang turut serta mempengaruhi kegiatan belajar. Minat belajar adalah salah satu faktor psikologis yang akan mempengaruhi belajar. Game online adalah salah satu media sosial yang sekarang sedang marak di kalangan remaja. Game online sendiri merupakan salah satu media yang mampu mempengaruhi dunia pendidikan khususnya untuk para pelajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, rekaman suara, yang didapat dari subyek penelitian yaitu siswa pemain game online, guru BK, dan teman dekat siswa. Guna ingin menggambarkan realita dibalik fenomena secara mendalam, rinci dan tuntas. Dan jenis penelitian yang digunakan adalah fenomenologi yaitu merupakan metode untuk memahami suatu objek atau peristiwa dengan mengalai secara sadar dan mempelajari suatu fenomena-fenomena yang terjadi dilingkungan tempat penelitian. Penelitian dilakukan di SMP Pawyatan Daha 2 Kota Kediri menggunakan jenis penelitian fenomenologi dengan melakukan wawancara kepada empat siswa pemain game online COC, teman dekat siswa dan tentunya konselor atau guru BK. Ada empat komponen yang menjadi pedoman wawancara yaitu kesukaan, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan. Dari hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa game online cukup berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Untuk mengatasi siswa kecanduan game online dan kembali menumbuhkan minat belajaar siswa, harus ada kerjasama antara orangtua dan pihak sekolah. Dengan begitu siswa akan lebih terpantau. Kata kunci : Minat belajar, game online COC

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI