HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PENGENDALIAN PERILAKU MENYIMPANG SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
RUDY AHMAD FAUZI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0010
Abstract
ABSTRAK
RUDY AHMAD FAUZI, Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Pengendalian Perilaku Menyimpang Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Kediri Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Juni, 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti bahwa kecerdasan emosi memiliki hubungan yang kuat dengan pengendalian perilaku menyimpang, pun sebaliknya. Kekhawatiran dimana siswa yang kurang mampu mengendalikan diri dalam lingkungan mempengaruhi pengendalian emosinya, sehingga siswa tersebut memiliki permasalahan dalam lingkungannya.
Permasalahan penelitian ini adalah “Adakah hubungan kecerdasan emosi dengan pengendalian perilaku menyimpang siswa kelas XI SMA Negeri 6 Kediri tahun ajaran 2016/2017?”
Digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian adalah sebagian siswa kelas XI SMA Negeri 6 Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara memberikan skala yaitu skala kecerdasan emosi dan pengendalian perilaku menyimpang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel kuota yang terdiri dari 63 siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah kuota random sampling.
Hasil pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS 16.0 for windows menunjukkan adanya hubungan antara kecerdasan emosi dengan pengendalian perilaku menyimpang. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan uji r dengan r hitung 0,576 > r table 0,248 dengan taraf signifikan 5%. Sehingga Ha diterima yang berarti adanya hubungan antara kecerdasan emosi dengan pengendalian perilaku menyimpang siswa kelas XI SMA Negeri 6 Kediri tahun ajaran 2016/2017.
Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukan hasil adanya hubungan kecerdasan emosi dengan pengendalian perilaku menyimpang maka saran yang perlu dikemukakan adalah hendanya : 1). Semua guru atau konselor dan orang tua memperhatikan siswa atau anak didiknya supaya mempunyai kecerdasan emosi dan dapat mengendalikan perilaku menyimpang; 2). Serta guru bimbingan dan konseling penelitian ini dapat dijadikan sumber dan bahan kedalam bimbingan sesuai dengan teknik yang digunakan.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosi, Pengendalian Perilaku Menyimpang.