KEEFEKTIFAN TEKNIK SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GROGOL


Author (Penulis)

ZAINUL WAHKID
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0006

Abstract

KEEFEKTIFAN TEKNIK SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SISWA KELAS VIII SMPN 3 GROGOL TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Zainul Wahkid 12.1.01.01.0006 FKIP – Bimbingan dan Konseling siembahwakhid@gmail.com Dra. khususiyah, M.Pd. dan Yuanita Dwi Krisphianti, M.Pd. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya siswa yang mempunyai tingkat kemempuan komunikasi antar pribadi yang rendah, sehingga mengalami kendala dalam proses belajar mengajar serta berdampak pula dalam prestasi akademiknya. Siswa yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik adalah siswa yang memiliki ketrampilan komunikasi yaitu, keterbukaan diri, mampu mengkomunikasikan pikiran dan perasaan, memberikan dukungan, dan mampu memecahkan konflik. Maka dalam hal ini perlu adanya alternatif solusi mengatasi permasalahan tersebut. Permasalahan penelitian ini adalah apakah teknik simulasi efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi antar pribadi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Grogol tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian pre experiment design dengan jenis one group pre-test and post-test design. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pemberian pre-test, pemberian treatment dengan teknik simulasi, dan pemberian post-test dengan menggunakan instrumen berupa angket dan RPLBK. Populasi yang dijadikan sampel penelitian berjumlah 8 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Grogol dengan teknik pengambilan sampel mengacu pada teknik purposive sample. Untuk teknik analisa data yang digunakan adalah teknik uji t paired sample t-Tes. Berdasarkan hasil output pada perhitungan analisis data mengunakan rumus paired sample t-Tes diketahui bahwa nilai sig.(2tailed) 0,001 < 0,05 maka dapat dinyatakan teknik simulasi dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi antar pribadi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Grogol. Hal ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan yakni “teknik simulasi efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi antar pribadi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Grogol Tahun Ajaran 2016/2017, diterima”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan, (1) bagi guru bimbingan dan konseling supaya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai salah satu bahan referensi untuk meningkatkan kualitas ilmu bimbingan dan konseling, (2) bagi siswa diharapkan mampu menerapkan dan mengembangkan kemampuan komunikasi antar pribadi dalam kehidupan sehari-hari serta dalam proses belajar mengajar disekolah, (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan khususnya dalam bidang pendidikan, serta dapat dijadikan sebagai bahan referensi oleh peneliti dalam melaksanakan kegiatan penelitian. KATA KUNCI : teknik simulasi, kemampuan komunikasi antar pribadi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI