STUDI KEMAMPUAN SOSIALISASI SISWA INTROVERT KARENA PERCERAIAN ORANG TUA di SMK NEGERI 1 KEDIRI


Author (Penulis)

ANA PUSPITA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0001

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman yang dialami peneliti saat PPL 2, bahwa pada siswa sekolah menengah kejuruan beberapa siswanya mengalami kemampuan sosialisasi yang rendah dan berkepribadian introvert (tertutup). Hal ini disebabkan oleh pengalaman yang dialami beberapa siswa yaitu orang tua yang bercerai. Diharapkan penelitian ini dapat memberi gambaran bagaimana kemampuan sosialisasi dan karakteristik siswa introvert karena perceraian orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis peneitian deskriptif kualitatif, yang melalui tahap pra lapangan dan tahap pekerjaan lapangan. Penelitian ini melibatkan tiga informan AA, AH dan JY siswa kelas XI semester genap tahun ajaran 2015/206 di SMK Negeri 1 Kediri. Penelitian ini melibatkan proses wawancara mendalam secara terbuka dengan 2-3 kali proses wawancara tiap informannya, diawali dengan wawancara pendahuluan dilanjutkan dengan wawancara mendalam dan dokumentasi sebagai bukti. Hasil penelitian diketahui gambaran kemampuan sosialisasi siswa introvert karena perceraian orang tua yang dialami AA, AH dan JY AA, yaitu AA menarik diri dari lingkungan karena merasa minder dan malu dengan keadaan yang dialami, AA memiliki 1 teman disekolah dan 2 diluar sekolah. AH lebih suka kegiatan yang dilakukan sendiri yaitu mengotak-atik motor dan bermain game jika tidak ada tugas dari sekolah, AH tidak memiliki sahabat disekolah maupun diluar sekolah. JY lebih suka bermain game daripada harus bermain dengan teman sebaya atau hanya sekedar didalam kamar mengerjakan tugas sekolah. Serta gambaran tentang profil karakteristik introvert pada informan AA yaitu AA mudah sekali tersulut emosi oleh hal-hal kecil, AA tidak banyak bergaul dengan teman sebaya. AH menjadi pribadi yang pendiam dan malu-malu dan kesulitan berinteraksi dengan orang lain. Sedangkan JY tidak banyak bicara, malu-malu, lebih suka membaca daripada bergaul, kesulitan berinteraksi dengan orang lain, memiliki dunianya sendiri dan lebih suka sendirian. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi sekolah dan guru BK untuk menggali informasi dari siswa diawal saat setelah penerimaan siswa baru agar penanganan lebih mudah dan cepat dilakukan. KATA KUNCI: kemampuan sosialisasi, kepribadian introvert, perceraian orang tua.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI