PENGGUNAAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN REKOMENDASI STRATEGI PENJUALAN PADA TOSERBA DIVA
Author (Penulis)
REEZA PALAVA INDAHYAHNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.03.03.0215
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemanfaatan data transaksi penjualan yang tersimpan dalam database belum dimanfaatkan secara maksimal oleh pemilik toserba Diva. Data transaksi ini hanya digunakan untuk kebutuhan administrasi, padahal data tersebut mengandung informasi yang dapat diproses untuk keperluan yang lebih luas. Salah satunya adalah untuk membentuk suatu strategi penjualan yang dapat berguna untuk meningkatkan kepuasan konsumen.
Penelitian ini menggunakan metode association rule dengan algoritma Apriori yang dapat digunakan untuk menemukan kombinasi item yang ada pada transaksi penjualan di toserba Diva. Kombinasi item yang dihasilkan dari proses Apriori ini kemudian akan digunakan sebagai bahan rekomendasi strategi promosi penjualan yang berupa pembentukan paket belanja.
Hasil dari penelitian ini berupa sistem informasi yang menghasilkan pembentukan paket belanja. Pada data transaksi penjualan bulan November 2014 yang digunakan dalam penelitian pembentukan paket belanja yang dihasilkan terdiri dari Nescafe Coffe Cream UHT 200ML dan Sari Roti Sandwich Coklat.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil implementasi algoritma Apriori dapat menghasilkan rekomendasi paket belanja yang terdiri dari dua item barang yaitu Nescafe Coffe Cream UHT 200ML dan Sari Roti Sandwich Coklat. Paket belanja yang terbentuk dapat digunakan oleh pemilik sebagai salah satu strategi penjualan untuk meningkatkan kepuasan konsumen.