PENCARIAN ATURAN ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI SEBAGAI BAHAN REKOMENDASI STRATEGI PEMASARAN PADA TOKO ACIICA
Author (Penulis)
MIFTA ASTIKA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.03.03.0157
Abstract
Toko Aciica merupakan toko perlengkapan kebutuhan ibu dan anak yang omzet penjualannya mencapai 20 juta per bulan. Dengan omzet sebesar itu tentu terdapat data penjualan yang cukup besar. Data tersebut dapat digunakan untuk melakukan analisis keranjang belanja untuk mengetahui kebiasaan belanja dan apa yang diinginkan oleh pelanggan. Pengetahuan yang baik mengenai pelanggan dapat membantu pemilik toko untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, serta meningkatkan jumlah penjualan. Hal tersebut sesuai dengan perhatian pemasaran saat ini yang menitikberatkan pada upaya untuk memahami dan merespons keinginan dan kebutuhan pelanggan. Untuk dapat memahami pelanggan, pelaku usaha dapat menggunakan database penjualan mereka dalam proses penggalian data (data mining). Salah satu algoritma data mining yang banyak digunakan untuk melakukan analisis keranjang belanja adalah algoritma apriori. Penggunaan algoritma apriori dapat menghasilkan aturan asosiasi yang dapat dimanfaatkan untuk memahami kebiasaan belanja customer dan merancang strategi pemasaran seperti: desain katalog, iklan, diskon dan sebagainya.