IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PERCETAKAN


Author (Penulis)

AZIS KURROTUL AMAMIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.03.03.0052

Abstract

E-commerce merupakan  salah  satu  cara untuk memasarkan produk dan  memperluas akses pasar  melalui internet yang membuat pelaku usaha dapat langsung berkomunikasi dengan konsumen tanpa harus bertatap muka secara langsung. Loyalitas konsumen adalah dasar paling utama yang harus dipelihara agar dapat terus berlangsung dalam jangka panjang. Customer Relationship Management (manajemen hubungan pelanggan) adalah metode atau jenis manajemen yang hanya membahas tentang bagaimana cara menjalin dan memelihara hubungan antara perusahaan dengan setiap konsumennya demi meningkatkan pertumbuhan perusahaan agar menjadi lebih baik dengan menyediakan suatu fitur untuk menampung komentar pengunjung dan kosumen. Dengan metode ini percetakan dapat bertukar pikiran mengenai produk percetakan dan dapat menjalin hubungan, menumbuhkan rasa nyaman dengan pengunjung dan konsumen serta memperkuat loyalitas konsumen yang sudah ada. Permasalahannya disini adalah bagaimana mengimplementasikan CRM untuk meningkatkan pemasaran dan pemesanan? Metode yang digunakan untuk mengimplementasikan CRM pada percetakan adalah metode waterfall. Perancangan desain system digambarkan dengan menggunakanpemodelanUML penulisan kode program (coding) menggunakan HTML, CSSdan PHP dengan menggunakan database MySQL Penellitian ini menghasilkan sebuah websitee-commerce yang di dalamnya terdapat fiur feedback yang dapat digunakan untuk menampung komentar dan menjalin hubungan antara percetakan dengan pengunjung dan konsumen demi meningkatkan pemasaran, pemesanan dan loyalitas konsumen yang sudah ada.


Keyword

a

Reference

Arifin Hidayat, R. (2012). Web E-Comerce Pada Tripio Komputer Menggunakan Pendekatan Business To Custemer (B2C). Jurnal Telematika, 5(2), 60–70.

Baitul Hikmah, A., & Supriadi, D. (2015). CARA CEPAT MEMBANGUN WEBSITE DARI NOL. Yogyakarta: ANDI.

Dyantina, O., Afrina, M., & Ibrahim, A. (2012). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN). Jurnal Sistem Informasi, 4(2), 516–529.

Firmansyah, M. A., & Fatihudin, D. (2017). GLOBALISASI PEMASARAN (MARKETING GLOBALIZATION). Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Hanief, S., & Pramana, D. (2018). PENGEMBANGAN BISNIS PARIWISATA DENGAN  MEDIA SISTEM INFORMASI. Yogyakarta: ANDI.

Himawan, Saefullah, A., & Santoso, S. (2014). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online ( E- Commerce ) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif. Scientific Journal of Informatics, 1(1), 53–64.

M. Royan, F. (2011). The Power of Database Customer. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Maniah, & Hamidin, D. (2017). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFOFRMASI PEMBAHASAN SECARA PRAKTIS DENGAN CONTOH KASUS. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Rangkuti, F. (2016). CUSTOMER CARE EXCELLENCE Meningkatkan Kinerja Perusahaan Melalui Pelayanan Prima Plus Analisis Kasus Jasa Raharja. Jakarta: GRAMEDIA.

Rizky Wicaksono, S. (2018). Studi Kasus Sistem Informasi Manajemen. Malang: Seribu Bintang.

Sardjono. Tony. (2009). 8 LANGKAH SUKSES NEGOSIASI. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Sarwono, J., & Prihartono, K. (2012). Perdagangan Online : Cara Bisnis di Internet. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Silvia Asriel, A., Armiati, & Frista, L. (2016). MANAJEMEN KANTOR. Jakarta: KENCANA.

Sutabri, T. (2012). KONSEP SISTEM INFORMASI. Yogyakarta: ANDI.

Wijayanti, T., & Azhari, I. (2011). Pengembangan Customer Relationship Management Berbasis Web pada Griya Muslim Flora. JUSI, 1(1), 13–20.

Yurindra. (2017). Software Engineering. Yogyakarta: DEEPUBLISH.


PUBLISHED

2018-08-24

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI