RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BEASISWA DI SMAN 1 PAPAR MENGGUNAKAN METODE USE CASE DRIVEN OBJECT
Author (Penulis)
ARGA SETIA WAHYUDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.03.03.0039
Abstract
ABSTRAK
Arga Setia Wahyudi: Rancang Bangun Sistem Informasi Beasiswa di SMAN 1 Papar Menggunakan Metode Use case Driven Object, Skripsi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik, UN PGRI Kediri, 2016.
Pada dasarnya, beasiswa adalah penghasilan bagi yang menerimanya. Disebutkan pengertian penghasilan adalah tambahan kemampuan ekonomis dengan nama dan dalam bentuk apa pun yang diterima atau diperoleh dari berbagai sumber yang dapat digunakan untuk konsumsi atau menambah kekayaan. Untuk mendapatkan beasiswa tersebut harus dengan aturan-aturan kriteria yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu tidak semua yang mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa tersebut akan diterima, hanya yang memenuhi kriteria-kriteria saja yang akan mendapatkan beasiswa tersebut.
Sistem Informasi memiliki kelebihan berupa kemampuan untuk menyediakan informasi yang sangat bermanfaat, menyediakan layanan secara cepat, tanpa batas sehingga informasi yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan. Karena itulah studi ini akan menjawab rumusan masalah dalam, yaitu (1) Bagaimana merancang sistem informasi beasiswa berbasis web menggunakan metode use case driven object di SMAN 1 Papar, dan (2) Bagaimana membuat program aplikasi beasiswa berbasis web menggunakan metode use case driven object.
Studi ini menggunakan Use case Driven Obect sebagai metode pengembangan aplikasi dengan dasar teori UML untuk menangkap kebutuhan serta mendorong analisa, desain, dan implementasi.
Simpulan dari penelitian ini yaitu (1)Perancangan sistem informasi pendaftaran beasiswa menggunakan metode use case driven object dapat mengenali kebutuhan sistem semua aktor yang terlibat karena metode ini berdasarkan pemrograman berorientasi objek. secara jelas, (2)Adanya program aplikasi ini membantu pengelolaan Administrasi pada SMAN 1 Papar yang sebelumnya masih ditempelkan pada mading siswa terkadang hilang karena masih berupa data cetak atau kertas.
Pada penelitian selanjutnya sistem dapat dikembangkan lagi dengan menambah kriteria persyaratan dan total dana yang diterima tiap siswa. Aplikasi Sistem Informasi Beasiswa ini dapat diterapkan secara online pada jaringan internet sehingga bisa diakses dan dijalankan pengguna dari jarak jauh.
Kata kunci: Beasiswa, Sistem Informasi, UML, Use case Driven Object.