Penentuan Penjurusan Siswa Baru Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis Web Di SMK Pawyatan Daha 3 Kediri
Author (Penulis)
ADITYA RAMADHAN TRY P.
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.03.03.0005
Abstract
Animo siswa lulusan SMP untuk masuk ke SMK cukup besar tapi hal yang patut disayangkan adalah kurang matapnya mereka memilih jurusan yang ada, akibatnya cukup banyak siswa baru yang gagal ditengah jalan atau drop out ketika mereka sudah diterima di SMK.
Permasalahan penelitian ini (1)Pendataan administrasi siswa masih menggunakan cara manual. (2)Penyeleksian penjurusan masih menggunakan cara manual yaitu dengan berdasarkan minat atau keinginan siswa, tanpa memperhitungkan kemampuan calon siswa (3)Belum adanya aplikasi bantu untuk penentuan jurusan.
Agar proses penentuan jurusan calon siswa di SMK pawyatan Daha 3 kediri dapat tepat sasaran maka diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode Simple Additive Weighting (SAW) sering dikenal dengan istilah metode penjumlahan terbobot
Kesimpulan dari penelitian ini (1)Penggabungan Metode SAW dapat diimplementasikan dalam Penentuan Penjurusan Siswa Baru Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis Web di SMK Pawyatan Daha 3 Kediri berhasil dibangun dan memberikan rekomendasi kepada pengambil keputusan berupa ranking calon siswa berdasarkan bobot yang diperoleh oleh masing masing calon siswa. Kelebihan lain dari SPK yang dibagun adalah dapat (2)Sistem Pendukung Keputusan ini menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan memasukkan nilai pada masing-masing kriteria yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah. Memasukkan nama calon siswa dan memasukkan nilai calon siswa, kemudian akan dilakukan penghitungan analisa saw.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) perlu ada kriteria tambahan dalam proses penentuan jurusan calon siswa dengan kata lain semakin banyak kriteria maka proses penilaian akan semakin baik. (2)Diharapkan untuk menambahkan unsur untuk menambahkan komponen pendukung penjurusan supaya dalam proses penjurusan nanti para calon siswa dapat sesuai akan pilihan jurusan yang mereka pilih.