CLUSTERING NILAI SISWA MENGGUNAKAN METODE KMEANS


Author (Penulis)

LISA PURDIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.03.02.0434

Abstract

ABSTRAK Penilaian (assessment) adalah penerapan berbagai cara untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar siswa atau ketercapaian kompetensi siswa. Hasil penilaian dapat berupa nilai kualitatif (pernyataan naratif dalam kata-kata) dan nilai kuantitatif (berupa angka). Melalui penilaian secara kuantitatif kita akan mendapatkan angka yang bisa dijadikan sebagai tolok ukur penguasaan materi siswa di sekolah. Angka tersebut biasanya dijadikan penentu apakah seorang siswa itu berhasil, sedikit berhasil, ataukah gagal dalam suatu mata pelajaran maupun beberapa mata pelajaran. Pengelompokkan ini selain untuk mengetahui batas kelulusan seorang siswa dan memudahkan dalam menentukan perlukah proses remidial dilaksanakan. Kata Kunci: Kmeans, Clustering

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-06-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI