PERANCANGAN APLIKASI PENGADUAN ONLINE PADA MASYARAKAT DI DESA BANDAR LOR KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
Yulanda Ratih Lestari
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.03.02.0412
Abstract
ABSTRAK
YULANDA RATIH LESTARI : Perancangan Aplikasi Pengaduan Online Pada Masyarakat Di Desa Bandar Lor Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.
Pengaduan masyarakat merupakan elemen penting dalam instansi pemerintahan, karena pengaduan bertujuan memperbaiki kekurangan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah. Pengaduan masyarakat di Kelurahan Bandar Lor Kota Kediri belum sepenuhnya terpublikasikan, sehingga masyarakat bingung harus mengadu kemana. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan pengaduan masyarakat di Kelurahan Bandar Lor dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Weighted Product. Metode ini merupakan metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) untuk menetukan prioritas atau rangking. Dalam penelitian ini Weighted Product digunakan untuk menentukan pengaduan masyarakat yang seperti apa yang akan ditanggapi terlebih dahulu, berdasarkan kriteria- kriteria serta bobot yang sudah ditentukan.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Aplikasi Pengaduan Online Masyarakat ini dapat dijadikan sebagai media untuk mengadukan kejadian yang dialami masyarakat kepada pemerintah, selain itu aplikasi ini membantu kinerja pegawai Kelurahan Bandar Lor dalam menanggapi pengaduan masyarakat dengan lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan cara manual. Aplikasi Pengaduan ini menggunakan kategori pengaduan, topic pengaduan, dan tujuan pengaduan untuk menentukan pengaduan masyarakat yang seperti apa yang akan ditanggapi terlebih dahulu.
Kata kunci : pengaduan masyarakat, pengelolaan pengaduan