GAME EDUKASI PENGENALAN NAMA SAYURAN MENGGUNAKAN ROLE PLAYING GAME(RPG) MAKER VX ACE LITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI PAUD KHADIJAH BLABAK KANDAT


Author (Penulis)

Yanastya Maretha
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.03.02.0395

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan dan menguji kelayakan Game Edukasi mengenal nama sayuran untuk anak PAUD usia 3 sampai 6 tahun dibuat menggunakan softwere Role Playing Game (RPG) maker VX. Game ini berisi soal yang berisi tentang warna, manfaat dan bentuk serta petualangan dimana game tersebut digunakan sebagai media pembelajaran untuk anak tingkat PAUD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development yang menggunakan tahapan penelitian (1) analisis kebutuhan, (2) desain, (3) implementasi, (4) validasi, (5) revisi, (6) uji coba produk, dan (7) Revisi II. Tahap analisis kebutuhan mencakup materi dan spesifikasi kebutuhan hardwere dan softwere. Tahap desain meliputi desain alur cerita,desain tampilan,flowchart, dan tokoh dalam game. Tahap implementasi adalah tahap pewujudan desain kedalam produk sesungguhnya. Tahap validasi dilakukan dengan menilai game yang telah dirancang dan dibuat yang kemudian ditentukan kelayakanya oleh para ahli untuk mendapatkan kritik dan saran untuk perbaikan. Tahap revisi dilakukan dengan memperbaiki game sesuai dengan saran para ahli. Tahap uji coba dilakukan dengan penerapan langsung dalam pembelajaran peserta didik. Pengujian penelitian ini menggunakan ahli materi dan ahli media pembelajaran serta siswa PAUD. Demikian dapat disimpulkan bahwa game edukasi ini layak digunakan di kalangan umum dengan batasan pengguna anak tingkat PAUD. KATA KUNCI : Game Edukasi, Role Playing Game (RPG) maker VX

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-23

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI