IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENGANALISA POLA PENJUALAN BARANG DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI
Author (Penulis)
TONY SURYAUDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.03.02.0370
Abstract
ABSTRAK
Toko Anda merupakan suatu tempat yang menyediakan perlengkapan sekolah, alat tulis, dan buku pendukung aktifitas belajar. Setiap harinya pada toko tersebut terjadi beberapa transaksi penjualan, yang akhirnya terjadi penumpukan data transaksi dan akan terus bertambah setiap harinya.Dari kumpulan data tersebut kita dapat mengolah untuk menghasilkan informasi-informasi yang bermanfaat yang bisa digunakan untuk menghasilkan suatu keputusan dan untuk memperoleh pengetahuan.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana menerapkan algoritma apriori untuk mengetahui penjualan produk yang paling banyak dibeli bersama-sama untuk mengembangkan strategi pemasaran (2) Bagaimana menerapkan algoritma apriori dalam data transaksi penjualan.
Untuk mengolah data tersebut kita dapat menggunakan berbagai metode salah satunya yaitu metode data mining menggunakan algoritma apriori. Algoritma apriori adalah algoritma market basket analysis yang digunakan untuk menghasilkan association rule, dengan pola “if then”.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) algoritma apriori telah berhasil menganalisis produk pada transaksi sehingga dapat menjadi acuan untuk menghasilkan keputusan (2) implementasi dilakukan dengan menggunakan database sebagai penyimpan data hasil kombinasi sementara. Selain itu database juga dipakai sebagai alat untuk mengkombinasikan antar item dalam itemset.
KATA KUNCI : Data Transaksi, Algoritma Apriori, Kombinasi Itemset